Wujudkan Denpasar Bebas Covid-19, Pemkot Evaluasi Desa-Kelurahan

Suasana kegiatan pembinaan oleh DPMD Kota Denpasar di Desa Dauh Puri Klod, Senin (7/6), terkait evaluasi penanganan Covid-19.
Suasana kegiatan pembinaan oleh DPMD Kota Denpasar di Desa Dauh Puri Klod, Senin (7/6), terkait evaluasi penanganan Covid-19.
301 Melihat

DENPASAR, POS BALI Masih adanya bahaya Covid-19 membuat Pemerintah Kota Denpasar melalui instansi terkait melakukan berbagai terobosan dan inovasi mewujudkan Denpasar bebas Covid-19. Salah satunya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kota Denpasar melakukan evaluasi terhadap desa/kelurahan terkait langkah yang telah dilakukan dalam penganganan pandemi ini. “Kami akan melakukan evaluasi bulan November. Sekarang diawali dengan pembinaan terkait dengan evaluasi mendatang,” ujar Kepala DPMD Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, usai melakukan pembinaan di Desa Dauh Puri Klod dan Desa Dauh Puri Kauh, Senin (7/6).

Dia mengatakan, pembinaan yang dilakukan melibatkan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Satpol PP, BPBD, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Tenaga Kerja, dan instansi lainnya. Dalam pembinaan disampaikan beberapa kriteria di antaranya adanya data Covid-19 yang update, adanya informasi yang dipahami masyarakat terkait pencegahan Covid termasuk adanya inovasi yang dilakukan desa/kelurahan dalam menangani Covid-19 sehingga masyarakat mau mengubah perilaku dalam kehidupan sehari-hari dalam menerapkan protokol kesehatan.

Di samping itu, kata Alit Wiradana, peran Satgas Covid-19 yang ada di masing-masing desa juga dievaluasi termasuk juga penegakkan hukum protokol kesehatan. “Ini merupakan salah satu inovasi yang kami lakukan untuk menekan kasus Covid-19 di Kota Denpasar karena penanganan Covid-19 harus melibatkan semua pihak tanpa terkecuali,” katanya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa, Ni Made Puspitasari, menambahkan desa/kelurahan merupakan ujung tombak dalam penanganan Covid-19. Untuk itu, perlu dilakukan evaluasi yang telah dilaksanakan selama ini.

Hal ini untuk mengetahui apa yang telah dilakukan selama penanganan Covid dan apa yang belum dilakukan, sehingga penanganan pandemi ini dapat maksimal. “Tentu tujuan akhir dapat mewujudkan Kota Denpasar bebas Covid-19,” ujarnya.

Perbekel Desa Dauh Puri Klod, Nengah Suartha, menyampaikan selama Covid-19, Desa Dauh Puri Klod telah melakukan berbagai langkah di antaranya membentuk tim satgas Covid-19, melakukan penyemprotan disinfektan di tempat umum. Selain itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan sehingga diharapkan dapat merubah perilaku masyarakat. rap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.