Wisuda Ke-140 Universitas Udayana Lepas 1.785 Orang Wisudawan

Rektor Unud, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S.(K)., mewisuda 1.785 orang wisudawan pada wisuda ke-140, Sabtu (27/2/2021).
438 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Universitas Udayana (Unud) kembali menggelar wisuda secara daring pada Sabtu (27/2/2021) yang dipusatkan di Auditorium Widya Sabha Kampus Bukit Jimbaran. Pada wisuda ke-140 ini Unud melepas 1.785 orang wisudawan yang berasal dari program Diploma, Profesi, S1, S2, dan S3. Dengan demikian, Unud sampai saat ini sudah memiliki alumni sebanyak 102.041 orang.

Rektor Unud, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S.(K)., dalam sambutannya, mengatakan wisuda kali ini kembali dilaksanakan secara daring untuk yang kelima kalinya mengingat masih terdapat penambahan kasus Covid-19 dan merupakan kebijakan yang diambil Unud bagi lulusan yang telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti prosesi wisuda. Rektor memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi wisudawan karena di tengah keterbatasan akibat dampak pandemi tetap mampu menyelesaikan pendidikan dengan baik.

“Pada wisuda ke- 140 ini, saya atas nama seluruh civitas akademika Universitas Udayana dengan rasa bangga melepas 1.785 wisudawan. Mungkin jumlah ini merupakan yang terbanyak selama pelaksanaan wisuda di Universitas Udayana,” katanya.

Prof. Raka Sudewi mengatakan, hampir setahun sudah Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Bencana alam seperti banjir dan tanah longsor juga dialami beberapa daerah. Pemerintah saat ini tengah menggalakkan upaya vaksinasi untuk dapat mengeluarkan bangsa ini dari pandemi. Unud sebagai lembaga pemerintah di bidang pendidikan, juga turut berkontribusi dalam penanganan wabah Covid-19 dan membantu menumbuhkan perekonomian masyarakat melalui berbagai aktivitas yang dilakukan civitas akademika.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melaksanakan program merdeka belajar dan kampus merdeka untuk meningkatkan kualitas SDM. “Guna menunjang implementasi program ini, Universitas Udayana telah menjalin kerja sama dengan beberapa mitra yang relevan untuk saling berkolaborasi dan bersinergi untuk turut memberikan bekal kepada lulusan agar siap menghadapi persaingan dalam dunia kerja,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, dalam laporannya menyampaikan, secara keseluruhan distribusi wisudawan apabila dikelompokkan menurut jenjang pendidikan adalah Doktor 61 orang, Magister 255 orang, Spesialis 49 orang, Profesi 231 orang, Sarjana 1.135 orang, dan Diploma 54 orang. Dari jumlah wisudawan tersebut yang memperoleh predikat Dengan Pujian atau Cum Laude sebanyak 423 orang.

Secara keseluruhan IPK rata-rata yaitu 3,80 untuk program Doktor (S3); 3,74 untuk program Magister (S2); 3,66 untuk program Spesialis; 3,77 untuk program Profesi; 3,56 untuk program Sarjana (S1); dan 3,63 untuk program Diploma. Adapun rata-rata lama studi yaitu Doktor 10,80 semester, Magister 7,39 semester, Spesialis 9,29 semester, Profesi 3,18 semester,  Sarjana 9,29 semester, dan Diploma 8,51 semester.

Prof. Antara mengucapkan selamat kepada wisudawan dan terima kasih kepada keluarga wisudawan atas kepercayaan yang diberikan pada Unud sebagai tempat proses pembelajaran di pendidikan tinggi. “Untuk memperoleh informasi penting berupa umpan balik alumni sebagai perbaikan, pengembangan sistem dan pengelolaan pendidikan perguruan tinggi, baik fasilitas, pola pengajaran dan pembelajaran, proses, serta pelayanan di Universitas Udayana, kami harapkan peran serta para wisudawan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tracer study online yang dilaksanakan oleh pihak Universitas Udayana,” pungkasnya. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.