Wartawan Rentan Tertular Covid-19, Disiplin Prokes Saat Wawancara Narasumber

Wawatawan saat wawancara anggota Fraksi Golkar DPR RI Gde Sumarjaya Linggih
143 Melihat

DENPASAR, POS BALI – Apapun pekerjaan yang dilakukan di luar rumah harus disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes). Termasuk bekerja sebagai wartawan.

Darwin, salah seorang wartawan mengatakan ia selalu menggunakan masker ketika sedang bekerja. Saat bertemu narasumber atau rekan seprofesi ia juga turut menjaga jarak.

“Memakai masker dan menjaga jarak itu harus dilakukan. Terus juga harus sedia hand sanitizer, karena terkadang tidak semua tempat menyediakan fasilitas untuk cuci tangan,” katanya.

Ia kadang menggunakan masker double setiap akan bertemu narasumber. “Saya kadang pakai masker double kalau mau bertemu narasumber. Saat wawancara juga narasumber menerapkan prokes, masker nggak boleh lepas,” katanya.

Ia tetap menjaga jarak dan memakai masker ketika melakukan wawancara kepada narasumber. “Kalau dari wawancara sendirian biasanya kami kasih jarak sekitar dua meter, tapi kalau door stop gitu saya dengar dari jauh aja, nggak mau ikutan berkerumun,” ujarnya.

Meski wartawan salah satu profesi yang rentan tertular Covid-19 karena banyak berinteraksi dengan orang lain, namun Ia mengaku masih ada teman seprofesinya yang terkadang abai dalam menjalankan prokes.

Ia kerap mengingatkan rekan seprofesinya untuk menerapkan prokes. “Kalau masih bisa saya ingatkan, pasti saya ingatkan. Cuma kadang ada juga yang tak peduli,” ujarnya.

Darwin juga sebisa mungkin menghindari wawancara yang berkerumun melibatkan banyak wartawan.

“Kalau pas wawancara, biasanya narasumber menerapkan prokes, tapi malah teman-teman yang sering berdesak-desakan,” katanya.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut biasanya saya mendengarkan dari kejauhan. Saya mikirnya gimana caranya biar ada jarak dengan kawan-kawan,” pungkas Darwin. 010

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.