Warga Keluhkan Jalan Licin Imbas Usaha Galian Tanah

Seorang pengendara motor saat melintasi jalur perbatasan Tampaksiring, Gianyar-Desa Selat, Susut, Bangli yang dikeluhkan jalan licin akibat dampak adanya usaha galian tanah.
219 Melihat

BANGLI, posbali.co.id – Para pengendara motor yang melintasi jalur perbatasan Tampaksiring, Gianyar-Selat Kaja Kauh, Desa Selat, Kecamatan Susut, Bangli mengeluhkan jalan licin. Kondisi itu akibat dampak adanya usaha galian tanah. Karena diguyur hujan, bekas galian tanah ini tumpah ke jembatan sampai menimbulkan endapan lumpur sangat tebal dan licin.

Pantauan di lokasi, Rabu (4/8/2021), hujan cukup deras membuat lonjakan volume air di lokasi. Air yang bercampur tanah langsung menerjang jalan, dan menggenang hampir di seluruh jembatan yang menghubungkan wilayah Desa Selat dengan Kecamatan Tampaksiring. Jalan jadi licin, sehingga para pengendara harus ekstra hati-hati saat melintas. Saking hati-hatinya, malah sampai terjadi antrean. “Kami tidak berani memacu kendaraan, jalannya licin,” kata Wayan Wahyudi, pengendara motor yang ditemui di lokasi.

Kadis PU Bangli, I Wayan Suastika, di kesempatan terpisah, mengaku belum mendapat laporan terkait badan jalan yang tertutup endapan lumpur tersebut. Untuk penanganan, kata dia, kalau itu akibat bencana alam dan terdapat timbunan tanah dalam volume besar, instansinya akan menurunkan alat berat. Namun, jika hanya genangan lumpur tipis, biasanya ditanggulangi petugas BPBD dengan pemadam kebakaran untuk menyemprot lumpur.

Disinggung adanya aktivitas galian tanah yang sampai menutup saluran drainase, dia berujar hal itu sering terjadi. Masalahnya, masyarakat tidak berkoordinasi ke pihaknya. Padahal, tegas Suastika, semestinya kegiatan galian itu jangan sampai menutup badan jalan atau saluran drainase. Sebab, akan menimbulkan ekses lain, seperti melubernya air ke badan jalan yang tentu dapat mengganggu arus lalin. “Kami tidak pernah mendapat konfirmasi terkait upaya-upaya seperti itu,” cetusnya. 028

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.