Wabup Kasta Lepas 200 Ekor Tukik di Pantai Klotok

Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, bersama Kapolres Klungkung, AKBP I Made Dhanuardana, melepas 200 ekor tukik di Pantai Klotok, Jumat (25/6/2021).
97 Melihat

KLUNGKUNG, posbali.co.id – Kelestarian budidaya tukik atau anak penyu harus dijaga bersama dengan sebaik-baiknya, dan jangan biarkan mereka sampai punah. Pesan dan harapan itu disampaikan Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, saat melepas 200 ekor tukik di Pantai Klotok, Klungkung bersama Kapolres Klungkung, AKBP I Made Dhanuardana, Jumat (25/6/2021).

Kegiatan pelepasan tukik yang diawali dengan apel bersama itu dijalankan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-75 tahun 2021, yang juga dirangkaikan dengan kegiatan bakti sosial penyerahan paket sembako kepada masyarakat pesisir pantai yang terdampak langsung pandemi Covid-19. Wabup Kasta sangat menyambut baik kegiatan tersebut, karena penyu merupakan salah satu fauna yang dilindungi akibat populasinya yang terancam punah.

Pelepasan tukik, sebutnya, juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestarian habitat penyu. Namun, kata dia, lahirnya kesadaran masyarakat sekitar terhadap perlindungan penyu juga mempunyai peranan sangat penting untuk menjaga kelestariannya.

“Saya sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Tempat penangkarannya sudah dirancang pemerintah daerah, tapi karena dana direfocusing untuk menangani Covid-19 akhirnya ditunda menjadi tahun depan. Mudah-mudahan dapat berjalan lancar agar budidaya untuk pelestarian fauna ini bisa terjaga sebaik-baiknya,” ucapnya.

Kasta juga memberi semangat kepada warga pembudidaya tukik untuk tetap menjaga kelestariannya. “Semoga pemerintah pusat juga bisa memberi solusi terbaik untuk bersama-sama menangani pelestarian habitat langka ini, terutama untuk tempat penangkaran dan makanannya,” harapnya.

Kapolres Dhanuardana menambahkan, ada sebanyak 200 penyu dilepas dan sejumlah paket sembako diserahkan kepada warga pesisir Pantai Klotok. Rangkaian kegiatan peduli sesama ini merupakan program Polri dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak langsung pandemi, dan dikemas dalam bakti sosial dalam rangka Hari Bhayangkara yang ke-75. Dia berharap bantuan yang disalurkan dapat membantu meringankan beban hidup masyarakat kurang mampu tersebut. 022

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.