Wabup Artha Dipa Sambut Baik Kegiatan Lomba Pokdarwis

Kegiatan lomba Pokdarwis ( Pembinaan Kelompok Sadar Wisata di desa Wisata Lontar, Dukuh Penaban, Karangasem.
Kegiatan lomba Pokdarwis ( Pembinaan Kelompok Sadar Wisata di desa Wisata Lontar, Dukuh Penaban, Karangasem.
336 Melihat

KARANGASEM, POSBALI.CO.ID – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Karangasem, Artha Dipa menekankan pentingnya menumbuhkan kesadaran masyarakat atas  makna Sapta Pesona dalam mendukung konsep Pembangunan Pariwisata berkelanjutan.

Hal itu disampaikan ketika menghadiri Kegiatan Lomba Pembinaan Kelompok Sadar Wisata  (Pokdarwis) Tingkat Provinsi Bali yang diselenggarakan di Desa Wisata Lontar Dukuh, Penaban, Rabu (8/5).

Wabup Artha Dipa mengatakan, Kabupaten Karangasem merupakan salah satu destinasi pariwisata di Bali yang memiliki keragaman potensi daya tarik wisata, baik alam maupun ciri khas serta keunikan budaya.

“Pada intinya, masyarakat perlu diberdayakan agar mereka mempunyai kemampuan untuk dapat berperan aktif dalam program kepariwisataan keberlanjutan.

Baik itu mencakup perlindungan terhadap alam dan lingkungan, budaya dan adat istiadat,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap kedepan, agar kegiatan Lomba Pokdarwis  menjadi  agenda bersama, di  Kabupaten,  provinsi, bahkan di tingkat Nasional yang benar-benar dipersiapkan dengan baik serta dilaksanakan secara berkelanjutan.

Sementara itu,  Kadis Pariwisata Provinsi Bali dalam sambutannya dibacakan  Kabid SDM Pariwisata Prov. Bali  Andri, mengingatkan, untuk dapat mempertahankan sektor pariwisata sebagai sektor andalan, maka perlu kerja keras.

“Hal ini memerlukan kontribusi semua pihak, baik dari unsur pemerintah, swasta maupun masyrakat.Pemerintah sebagai fasilisator dan regulator, swasta sebagai pelaku dan ujung tombak pengembangan yang berhubungan dengan produk, iklan dan pasar,” katanya.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Karangasem, I Wayan Astika  menjelaskan, pihaknya  selaku pembina Pokdarwis telah melakukan langkah serta upaya dalam menyiapkan Pokdarwis Dukuh Penaban Kelurahan Karangasem.

Diantaranya memberikan pendampingan, pembinaan, memfasilitasi setiap kegiatan pembinaan dan juga turut berpartisipasi dalan setiap aksi bersih-bersih menuju areal Pusaka Lontar Dukuh Penaban.

Ditambahkan, Tim penilai dalam lomba Pokdarwis tahun 2019  terdiri dari unsur Dinas Pariwisata Prov Bali, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Kepolisian Daerah Bali. “Penilaian dilakukan melalui interview kepada pengurus Pokdarwis  yang terbagi menjadi tiga kelompok meja sesuai dengan pendekatan masing-masing penilaian, yaitu aspek administrasi, aspek SDM dan aspek fisik,” jelasnya. nad

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.