Unud “Sterilkan” Diri

537 Melihat
Satgas Pencegahan Covid-19 di Unud lakukan penyemprotan disinfektan serantak di seluruh fakultas.

DENPASAR, POSBALI.co.id – Mencegah penyebaran Covid-19 di kawasan kampus, Universitas Udayana (Unud) melakukan sterilisasi ruangan dengan menyemprot disinfektan secara serentak di seluruh fakultas. Sterilisasi dilakukan satuan tugas (satgas) khusus penanggulangan Covid-19, Jumat (20/3).

 

Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 di Unud, Prof. Ida Bagus Wyasa Putra, menjelaskan, satgas yang dibentuk berdasarkan intruksi rektor pekan lalu ditugaskan melakukan tiga langkah utama untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kawasan kampus terbesar di Bali itu. “Selain melakukan penyemprotan disinfektan, satgas juga mendistribusikan hand sanitizer ke seluruh unit serta menyosialisasikan sterilisasi diri, badan, tangan, dan rajin mencuci tangan,” katanya.

 

Selain itu, secara khusus pihaknya juga menyiapkan layanan konsultasu, fasilitas pelaporan diri, fasilitas pemeriksaan, dan penanganan gejala yang dipusatkan di RS PTN Universitas Udayana. “Hotline pelayanan pelaporan, konsultasi, pemeriksaan, dan penanganan tersebar di masing-masing fakultas dan unit, sedangkan call center dapat menghubungi 0361-8953670. Kita juga sudah menerbitkan panduan pencegahan perkembangan dan perkembangan Covid-19 kepada civitas akademika,” jelas Prof. Ida Bagus Wyasa Putra.

 

Sementara itu, lanjutnya, terkait pelayanan eksternal, Unud juga telah menunjuk Fakultas Kedokteran Unud untuk melayani informasi, konsultasi gelaja, serta distribusi disinfektan dan hand sanitizer.

 

Sebagiamana Instruksi Rektor Universitas Udayana Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Perkembangan dan Penyebaran Covid-19 di Unud yang diterbitkan 16 Maret 2020, pihak universitas melakukan sejumlah upaya penanganan virus. Pembelajaran dan rapat, khususnya yang melibatkan massa banyak dilakukan dalam bentuk daring, serta menunda kegiatan forum akademik. Selain itu, pihaknya juga mengimbau civitas akademika untuk menunda perjalanan ke daerah, baik di dalam maupun luar negeri.

 

“Kami menghimbau kepada seluruh civitas akademika dan masyarakat umum untuk mengikuti protokol pencegahan yang dikeluarkan pemerintah, seperti mengurangi kegiatan di luar ruang, social distancing, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga kesehatan,” terang Rektor Unud, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp. S (K).

 

Pasca keluarnya intruksi, perguruan tinggi yang biasanya ramai itu pun berangsur-angsur sepi dari proses belajar-mengajar dan kegiatan akademik lainnya. 015

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.