Unhi Denpasar dan Ganesha Institute Jalin Kerja Sama Pengembangan SDM Pariwisata

Penandatanganan MoU antara Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar dengan Lembaga Riset dan Pengembangan Ganesha Indonesia (Ganesha Institute) pada Sabtu (4/1) di kampus Unhi.
629 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang tenaga kerja pariwisata, Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar menjalin kerja sama dengan Lembaga Riset dan Pengembangan Ganesha Indonesia (Ganesha Institute). Terkait hal itu, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman pada Sabtu (4/1) di kampus Unhi Denpasar.

Rektor Unhi, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS, mengatakan Unhi terbuka dengan pihak manapun untuk menjalin kerja sama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui kerja sama dengan Ganesha Institute ini, ada beberapa program yang akan dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas SDM Hindu khususnya dalam bidang pariwisata. Dengan SDM berkualitas nantinya generasi muda Bali akan bisa bersaing di dalam maupun di luar negeri. Menurutnya peningkatan SDM ini sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo yakni “SDM Unggul Indonesia Maju”.

Ia menambahkan, tentunya ini tidak berhenti pada tanda tangan MoU, yang lebih penting adalah realisasi atas apa yang sudah disepakati. Tim yang terlibat akan secepatnya merumuskan program pengembangan SDM pariwisata tersebut. “Sesuai dengan keunggulan Bali adalah pariwisata terutama pariwisata budaya. Untuk meningkatkan kepariwisataan tentunya SDM pariwisata harus berkualitas seperti guide, tenaga perhotelan, termasuk engineering perhotelan,” jelas Prof. Damriyasa.

Pembina Ganesha Institute, Prof. Dr. Ketut Sumadi, M.Par, menyampaikan terima kasih kepada Rektor Unhi yang sudah memberi kesempatan untuk bekerja sama. Dikatakannya, dalam kerja sama ini nantinya akan dibuka program pendidikan untuk peningkatan kualitas tenaga kerja di bidang kepariwisataan. Selain itu, akan dibuka pusat pelatihan bahasa di kampus Unhi, mengingat penguasaan bahasa asing sangat penting dalam dunia pariwisata. Disamping juga menyiapkan guide-guide profesional melalui pelatihan serta kursus.

“Kerja sama ini kontekstual dengan pariwisata budaya, dimana Unhi basisnya adalah budaya dan agama. Mudah-mudahan apa yang kita rencanakan ini bisa terealisasi dengan cepat. Semoga kerja sama ini memberi manfaat bagi Bali dan Indonesia ke depan,” harapnya. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.