TPS3R Bedahulu Direncanakan Libatkan Lansia

Proses pengolahan sampah di TPS3R Bedahulu di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar.
858 Melihat

GIANYAR, posbali.co.id – Tempat Penampungan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Bedahulu di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh akan memberdayakan kaum lansia dalam pengelolaan sampah. Lansia dilibatkan dalam pemilahan ulang sampah dari rumah tangga ke TPS3R. Demikian diungkapkan pengelola Bumdes Bedulu Mandiri, Unit Kebersihan TPS3R Bedahulu, Gusti Ngurah Agung Kresnanada, Selasa (1/12/2020).

Lebih lanjut dikatakan, pelibatan lansia itu baru rencana. Karena situasi pandemi ini, sampah anorganik ini baru dipilah secara sederhana. Nanti kalau situasi normal baru pakai jasa lansia. “Supaya lansia punya kegiatan positif, tapi masih direncanakan masalah tempatnya,” jelasnya.

Meski demikian, tidak semua lansia di Bedulu akan dilibatkan. Jumlah yang dilibatkan dihitung dengan volume sampah supaya seimbang. TPS3R ini, sambungnya, beroperasi secara bertahap. Sebenarnya fasilitas ini untuk melayani 11 banjar atau kurang lebih 11 ribu jiwa. Karena keterbatasan di anggaran, dimaksimalkan di bangunan. Sementara untuk fasilitas pengolahan belum bisa melayani seluruh rumah tangga di Bedulu. “Saat ini pekerjaan rumah kami di peralatannya, karena baru bisa dipakai untuk melayani 250 KK,” ungkapnya.

Yang dilayani TPS3R, ungkapnya, antara lain pengangkutan organik, anorganik dan residu. Untuk sampah, warga memilah di rumah masing-masing. Di TPS3R ada proses untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk padat, pupuk cair, dan sebagainya. Sementara sampah plastik seperti botol bekas bisa dijual, dan warga bisa menabung sampah plastik botol.

“Warga juga berkesempatan memiliki tabungan. Tabungan hari raya, dan tabungan emas, karena kami bekerja sama dengan Pegadaian,” pungkasnya. 011

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.