Tindaklanjuti Instruksi Menko Marves, TNI dan Polri Jemput Isoman

Gelar pasukan penejmputan isoman di Denpasar dan Badung
219 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Kodam IX/Udayana dan Polda Bali bergerak cepat menyikapi instruksi Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan untuk menjemput masyarakat terkonfirmasi positif yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing. Para isoman dijemput untuk dibawa ke isolasi terpusat (isoter).

Untuk penjemputan di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung, pihak TNI, Polri, Satpol PP dan BPBD melakukan gelar pasukan di Lapangan Puputan, Renon, Denpasar, Sabtu (14/8).

Gelar pasukan yang dipimpin Kasrem 163/Wira Satya, Kolonel Inf. Ida Bagus Ketut Surya Widana, tampak dipantau Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dan juga Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

Pangdam menjelaskan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari hasil rapat evaluasi dengan Menko Marves yang kemudian dilanjutkan dengan rapat evaluasi Forkompinda. “Yang harus kita lakukan adalah tracing dengan sebaik-baiknya dan isolasi secara terpusat,” tegas Pangdam.

Tindak cepat ini, jelas Pangdam karena jumlah tambahan kasus terkonfirmasi positif harian sangat cepat, sehingga dilakukan langkah sesegera mungkin.

“Kami tidak mau membuat rencana panjang-panjang, hari ini juga kita bersama instansi terkait melaksanakan penjemputan,” jelasnya.

Pihaknya berharap dengan penjemputan ini Bali bisa mengatasi pandemi ini. “Saya yakin kalau kita bersama-sama, ada Polda, Pemprov, Kodam, Polres serta instansi terkait lainnya mudah-mudahan Bali bisa cepat ada perbaikan,” harapnya.

Dikatakan, varian delta ini sangat berbahaya. Menular hingga 10 lipat lebih ganas. “Jadi tidak bisa isoman, harus isolasi terpusat,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolda Jayan Danu Putra menambahkan, TNI dan Polri mulai provinsi hingga kabupaten/kota mengajak masyarakat untuk isoter.

“Isoman itu sangat berisiko menulari keluarga yang ada di rumah. Untuk itu kami berupaya dan mengajak serta menjemput masyarakat yang tercatat terkonfirmasi positif diajak ke isolasi terpusat,” jelasnya.

Menurutnya, di kabupaten lain juga melakukan hal yang sama. Menjemput isoman. Karena penyebaran Covid-19 ini ada di mana-mana. “Kami upayakan penjemputan untuk semua isoman menjalani isoter,” tandasnya.

Pangdam dan Kapolda Bali jalan kaki ke Kantor BPBD Bali

Seusai memantau apel gelar pasukan, Pangdam dan Kapolda berjalan kaki dari lapangan Renon meninjau Kantor BPBD Provinsi Bali. Sayangnya, di kantor ini tidak ada Kalaksa BPBD Provinsi Bali, Made Rentin.

Pangdam mengatakan, kunjungan ke BPBD untuk meninjau kesiapan. Karena dikoordinir BPBD. “Saya lihat kesiapan posko sudah bagus. Posko sudah ada dan sudah berjalan. Dan kami akan efektifkan lebih dominan dipenjemputan. Hanya saja BPBD tidak sombong, keluarkan satu ambulans tapi bergeraknya empat. Takut menimpa Kodam. Mulai hari ini kita semua sama-sama menangani Covid-19,” kata Pangdam.

Dia menambahkan, jika ditata dan ditangani secara bersama-sama maka akan berjalan dengan baik. “Jadi kalau ada positif ditangani dengan isolasi terpusat,” tandasnya.

Kapolda menambahkan, bagi positif dibawa ke isoter, sedangkan yang kontak erat diharapkan tetap di tempat. Untuk itu, pihaknya berharap para lurah dan juga bendesa adat berperan mengawasi agar tetap di rumah, karena statusnya kontak erat. “Itu penting, apakah kontak erat itu menjadi positif apa tidak. Itu penting untuk dimengerti,” tegasnya.

Sebelumnya, Kolonel Inf. Ida Bagus Ketut Surya Widana dalam arahannya menyampaikan, tugas TNI dan Polri dalam penjemputan isoman ini adalah membantu pemerintah daerah dalam penanganan pandemi Covid-19 yang melonjak drastis di Bali, khususnya di Denpasar dan Badung.

“Yang melakukan penjemputan BPBD, sedangkan TNI dan Polri Babinsa serta Bhabinkamtibmas sikapnya membantu, menjaga, dan memotivasi para isoman agar mau dibawa ke isoter,” jelasnya.

Dikatakan, isoman di Bali mencapai 8 ribu orang lebih, sedangkan di Denpasar dan Badung jumlahnya mencapai 5 ribu orang. “Lakukan penjemputan semaksimal mungkin, karena tempat sudah disiapkan. Yakni di tempat isolasi terpusat,” tegasnya. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.