Tiga Menteri Minta Tokoh Agama Ajak Umat Disiplin 3M

Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan
Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan
148 Melihat

DENPASAR, POS BALI – Tiga menteri meminta seluruh tokoh agama mengajak umatnya bersinergi  mengendalikan pandemi Covid-19.

Selain diminta untuk bisa mengedukasi masyarakat akan pentingnya 3M, para tokoh agama juga diminta mengajak warga yang Covid-19 untuk mau menjalani pemulihan di tempat isolasi terpusat.“Jangan malu kalau terkena, kalau bisa segera diajak untuk dirawat di isoter, dan jangan berkecil hati,” kata Menteri Kordinator Maritim dan Investasi,  Luhut Binsar Panjaitan saat berdiskusi bersama tokoh agama secara virtual, Jumat (20/8/2021).

Untuk memperjelas, Luhut juga mengundang para epidemolog untuk menjelaskan tentang karakteristik varian delta serta bagaimana skenario penanggulangannya kepada seluruh tokoh agama.

Hal senada juga disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Ia berpesan tentang bagaimana pentingnya bantuan tokoh agama meningkatkan kesadaran masyarakat. Sebab ia mengetahui masih ada warga yang tidak percaya akan adanya Covid-19. “Sejujurnya masih banyak masyarakat yang menolak kenyataan adanya virus ini, untuk itu kami membutuhkan bantuan ekstra dari tokoh agama, agar kita berkolaborasi dan mengedukasi masyarakat bersama demi menekan pesatnya laju penularan dengan disiplin prokes, dan selalu ingat pesan ibu,” katanya dengan nada serius.

Sementara Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas  mengatakan tokoh agama memegang faktor  penting dalam. upaya menekan lajunya covid-19.  Lanjutnya, banyak masyarakat bertumpu pada tokoh agama untuk mendapatkan validasi informasi terkait pandemi. “Untuk itu, kami mengimbau agar di tiap-tiap khotbah, ceramah agama dapat diselipkan nilai-nilai penanganan pandemi ini terus disosialisasikan seperti disiplin protokol kesehatan, jaga jarak, tidak berkerumun,” tegasnya

Menteri Agata juga menekankan tiap-tiap pesantren juga disampaikannya akan dianjurkan untuk melaksanakan vaksin bersama dan akan diberikan masker gratis. Itu dikatakannya karena melihat ada fenomena penggunaan masker medis berulang.

Lebih lanjut, Cendekiawan Muslim Ahmad Syafii Maarif yang hadir dalam pertemuan tersebut berharap agar masyarakat mau disiplin mengikuti anjuran pemerintah. “Saya berharap masyarakat Indonesia sadar bahwa pemerintah tidak jahat, maksudnya baik, negeri ini memang sedang susah, mari kita bersama mengatasi hal ini,” ajaknya poll

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.