Terkendala SIPD, Tukes ASN di Gianyar Belum Cair

Ngakan Jati Ambarsika
101 Melihat

GIANYAR, posbali.co.id – Tunjangan kesejahteraan (tukes) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Gianyar sampai saat ini belum cair. Lambatnya pencairan tukes tersebut karena ada masalah penginputan data pada aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). “Saat ini APBD sudah berbasis aplikasi SIPD ini,” kata Kepala BPKAD Gianyar, Ngakan Jati Ambarsika, Senin (25/1/2021).

Lebih lanjut dikatakan, terdapat beberapa masalah dalam penggunaan aplikasi SIPD ini karena sistem yang masih belum stabil. Memasukkan data ke dalam pangkalan data SIPD perlu waktu cukup lama, bahkan sampai berhari-hari. Hal ini diduga karena server aplikasi SPID belum optimal atau overload digunakan di seluruh Indonesia.

“Akibatnya terdapat beberapa masalah yang dihadapi oleh ASN. Salah satunya adalah tunjangan kesejahteraan (tukes) yang masih terhambat proses pencairannya hingga kini,” jelasnya.

Namun, Ambarsika menegaskan anggarannya sudah tersedia senilai Rp8 miliar sampai Rp9 miliar. Hanya, dia mendaku tidak hapal rinciannya.

Menurutnya, ada banyak faktor yang menyebabkan SIPD menjadi penghambat pencairan dana. Satu di antaranya adalah aplikasi tersebut belum siap menghimpun data semua kabupaten/kota di Indonesia. Karena berbasis web, saat menginput terkadang bersamaan dengan pemkab di seluruh Indonesia, makanya lambat. Staf yang bertugas di Gianyar sampai begadang melakukan input data.

“Masalahnya, sekarang input data, loading (memasukkan)nya lama. Kalau mereka selesai menginput, sekarang pun dananya sudah bisa cair,” pungkasnya. 011

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.