Terdampak Pandemi, Pedagang Jalanan Bermobil di Bali Kerap Diusir, Dewan: Beri Solusi, Tidak Hanya Melarang

Pedagang jalanan bermobil di kawasan Renon, Denpasar (ist)
135 Melihat

DENPASAR, POS BALI- Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun belakangan ini meluluhlantakkan seluruh sendi perekonomian di Bali.

Banyak masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 ini bekerja keras dan berjuang untuk menyambung hidup keluarganya.

Sejak pandemi banyak masyarakat Bali yang sebelumnya menikmati manisnya dolar pariwisata kini terpaksa menelan pil pahit dengan banting stir menjadi pedagang jalanan bermobil agar dapur rumah tangganya bisa tetap “ngebul”.

Namun, niat berusaha dengan alih profesi menjadi pedagang jalanan bermobil untuk menyambung hidup dan menghidupi keluarganya tidaklah berjalan mulus.

Pasalnya, para pedagang jalanan bermobil yang menjamur di kawasan perkotaan Denpasar dan kabupaten lainnya harus gigit jari karena kerap diusir oleh aparat baik Satpol PP maupun Dinas Perhubungan.

Fraksi Partai Golkar DPRD Bali meminta pemerintah memberikan solusi terbaik bagi pedagang jalanan bermobil agar mereka bisa bertahan hidup.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Bali I Wayan Rawan Atmaja mengatakan, penegakkan hukum itu wajib dilakukan agar tegaknya supremasi hukum dan menciptakan ketertiban. Namun dalam situasi sulit seperti pandemi Covid-19 saat ini hampir seluruh sektor terdampak sehingga tidak sedikit pekerja ataupun karyawan yang dirumahkan.

Saat ini, kata dia, situasi tidak normal. “Oleh karena itu pemerintah wajib hadir memberi solusi, tidak hanya melarang. Kami mengharapkan masalah ini cepat teratasi,” kata Rawan Atmaja.

Untuk diketahui, di sejumlah jalan protokol di Kota Denpasar dan Kota lainnya di Bali, banyak ditemukan mobil berjejer yang menjual sembako, buah, tisu, pakaian dan lainnya.

Pedagang jalanan bermobil ini mulai muncul tak lama setelah muncul pandemi Covid-19. Mereka kebanyakan korban PHK yang sebelumnya bekerja di sektor pariwisata. Pekan lalu, perwakilan pedagang jalanan bermobil mengadukan nasibnya ke DPD Partai Golkar Bali. 010.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.