Tenaga Kesehatan Jembrana Dilatih Tes Swab

PELATIHAN pengambilan swab untuk tenaga medis di Jembrana oleh tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Foto: man
950 Melihat

JEMBRANA, posbali.co.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana menyiapkan sejumlah tenaga medis yang dilatih pengambilan swab (sampel lendir) dari dalam hidung dan tenggorokan untuk pemeriksaan Covid-19. Pelatihan dipusatkan di Hotel Jimbarwana itu dilatih tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Senin (18/5).

Humas Gugus Tugas, dr. I Gusti Agung Putu Arisantha, mengatakan, tenaga medis yang dilatih sebanyak 16 orang kalangan tenaga analis dan perawat dari masing masing puskesmas seluruh Jembrana dan RSU Negara. Mereka dilatih tim medis dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali cara pengambilan sampel lendir orang, baik yang reaktif, terduga positif, maupun positif Covid-19. Pelatihan bertujuan memaksimalkan kapasitas tenaga kesehatan, khususnya analis maupun perawat, dalam penanganan Covid-19 Jembrana. “Mereka akan sangat membantu tenaga kesehatan yang sudah ada, serta mempercepat proses pengambilan swab,” ungkapnya.

Dalam pelatihan pengambilan sempel swab ini hanya dilakukan dokter spesialis THT. Kemudian sampel itu dibawa ke Denpasar untuk diuji di laboratorium yang ditunjuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi. Hasil uji laboratorium itulah yang menentukan apakah pasien terpapar virus atau tidak.

“Tenaga medis yang sudah dilatih hari ini akan sangat membantu mempercepat pengambilan sampel, karena tidak perlu lagi nanti mengirim orangnya untuk tes swab. Tenaga medis hanya perlu mengambil sampel swab pasien, kemudian menyimpan di Virus Transfer Media (VTM) dan mengirimnya ke provinsi,” terangnya.

Nanti, sambungnya, tenaga medis terlatih akan dimaksimalkan untuk penanganan PMI karantina hotel di Jembrana. Sesuai kebijakan Gugus Tugas di Provinsi Bali, PMI yang baru datang ke Bali wajib menjalani karantina dan mengikuti tes swab dua kali. Jika sebelumnya metode tes cepat yang menjadi acuan, kini hasil swab yang jadi patokan apakah PMI itu dinyatakan sehat dan bisa dipulangkan.

Selain pelatihan pengambilan swab tersebut, Gugus Tugas juga melaksanakan pemeriksaan swab terhadap 28 PMI yang sedang menjalani karantina di Hotel Jimbarwana. Berikutnya akan diambil sampel swab 14 PMI yang dikarantina di Hotel Ratu dan 15 PMI karantina di Hotel Hapel, Negara. 024

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.