Tekan Penularan Covid-19, Evaluasi Prokes di Pasar

Evaluasi penerapan prokes di Pasar Wangaya, Denpasar, Senin (26/7/2021)
202 Melihat

DENPASAR, POS BALI- Evaluasi penerapan Protokol kesehatan (Prokes) di tempat-tempat keramaian seperti pasar perlu dilakukan. Pasar rawan menjadi kluster penularan Covid-19 jika tidak menerapkan Prokes dengan ketat. Penerapan Prokes yang ketat di pasar wajib dilakukan untuk menekan penularan Covid-19.

Pada Senin (26/7/2021), Tim Evaluasi
Desa Kelurahan Tangguh dan Aman Covid 19 bersama Bidang Perubahan Prilaku Masyarakat Satgas Kota Denpasar melakukan evaluasi penerapan prokes di Pasar Wangaya dan Pasar Desa Pemecutan Kaja.

Kadis DPMD Kota Denpasar sekaligus Koodinator Bidang Perubahan Prilaku Masyarakat Satgas Kota Denpasar IB Alit Wiradana mengatakan, kegiatan evaluasi ini untuk mengetahui sejauh mana efektifitas Satgas Desa dalam menangani Covid-19. Juga untuk mengetahui kondisi tempat keramaian seperti di pasar desa.

“Apakah pasar desa telah menyiapkan fasilitas kesehatan dan sarana protokol kesehatan,” kata Alit Wiradana.

Dalam kegiatan ini pihaknya ingin mengetahui sejauh mana penerapan prokes oleh pedagang maupun pengunjung pasar.

“Seperti mencuci tangan sebelum masuk pasar, menggunakan masker dan menjaga jarak,” katanya.

Dalam kegiatan ini pihaknya juga memberikan sosialisasi prokes kepada pengunjung maupun pedagang pasar serta membagikan masker gratis.

Hasil evaluasi di dua pasar tersebut tidak ditemukan pelanggaran prokes. Bahkan Satgas desa telah menyiapkan fasilitas prokes di pasar. Selain itu pihaknya juga tidak menemukan pelanggaran prokes yang dilakukan pedagang maupun pengunjung.

Alit Wiradana mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan karena kegiatan ini bertujuan untuk menekan penularan Covid-19 di pasar.

Jika dikemudian hari ditemukan ada pelanggar prokes di pasar, pihaknya akan menyerahkan kepada Satpol PP Kota Denpasar sebagai penegak Perda untuk mengambil tindakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.