Tanah Longsor Terjadi di Desa Gunung Salak

Tanah longsor di Banjar Apit Yeh, Desa Gunung Salak, Selemadeg Timur, Tabanan, Kamis (14/1/2021).
47 Melihat

TABANAN, posbali.co.id – Hujan deras yang mengguyur hampir setiap hari belakangan ini, mengakibatkan tanah longsor di Banjar Apit Yeh, Desa Gunung Salak, Selemadeg Timur, Tabanan, Kamis (14/1/2021). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 06.00 WITA itu.

Tanah longsor tersebut menimpa halaman rumah warga setempat I Made Suarta. Kebetulan rumah warga tersebut berada di dataran tinggi yang menghadap ke timur, dan di belakang sebelah barat merupakan dataran tinggi berupa lahan kebun.

“Lahan tersebut longsor karena sehari sebelumnya diguyur hujan lebat sehingga dataran tinggi yang berada di belakang rumah itu labil dan tergerus air. Tanah dan gerusan air hujan itu yang kemudian masuk ke halaman rumah tersebut, yang tidak memiliki tembok pembatas,” ungkap seorang warga yang ikut dalam membantu membersihkan longsoran tanah di tempat itu.

Tanah longsor tersebut hanya menutup sebagian halaman rumah milik Suarta,sehingga rumah tersebut tidak mengalami kerusakan. Sementara dalam upaya pembersihan longsoran tanah, Bhabinkamtibmas Desa Gunung Salak, Bripka I Gede Ketut Darma Wijaya, bersinergi dengan babinsa desa setempat dan masyarakat Apit Yeh. Pembersihan tanah yang longsor masih diupayakan secara gotong royong.

Bhabinkamtibmas pun mengimbau kepada masyarakat setempat agar selalu waspada dengan cuaca ekstrem akhir-akhir ini. “Bila ada bencana alam, segera lapor ke BPBD Kabupaten Tabanan maupun ke kantor polisi
terdekat. Atau juga bisa hubungi bhabinkamtibmas maupun babinsa, agar bisa dikoordinasikan ke insatnsi lain, guna mendapatkan penanganan lebih lanjut bila membutuhkan alat-alat berat dan lainnya,” ujar Bripka Darma Wijaya. gap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.