Tak Pakai Masker, Cabut Rumput di Kantor Camat

Sanksi mencabut rumput di halaman kantor Camat petang
Sanksi mencabut rumput di halaman kantor Camat petang
240 Melihat

MANGUPURA, POS BALI – Tim Yustisi Pemkab Badung menerapkan sanksi sosial bagi pelanggar protokol kesehatan (prokes) bagi yang tak menggunakan masker. Sejumlah pelanggar di pasar Petang pun langsung dijatuhkan sanksi dengan bersih-bersih di kawasan pasar dan mencabut rumput liar di halaman Kantor Camat Petang. “Hasil sidak di Petang tadi pagi (kemarin) yang tidak memakai/membawa masker kita kenakan sanksi kerja sosial dan dibuatkan berita acara penundaan pelayanan administrasi sesuai Perbup 52 Tahun 2020 Pasal 11 ayat 2 huruf a angka 1,” kata Kasatpol PP Badung IGAK Suryanegara, Senin (21/9).

Dalam upaya pengawasan terhadap Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 52 tahun 2020, tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru, Tim Yustisi yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI/Polri, dan unsur Muspika Kecamatan Petang rutin menggelar inspeksi mendadak (sidak). Hal ini demi memastikan masyarakat melaksanakan prokes sebagaimana arahan dari pemerintah.

“Total ada 13 pelanggaran yang kami temukan di lapangan. Namun, hanya 6 orang yang kami kenakan sanksi sosial lantaran sama sekali tanpa masker. Sedangkan 7 orang yang tidak kena, 6 orang bawa masker tapi tidak benar memakainya, jadi kita catat saja identitasnya. Sedangkan 1 orang adalah pengusaha yang tidak menyediakan fasilitas prokes,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Petang I Wayan Darma, membenarkan Tim Yustisi yang menggelar sidak mengenakan sanksi sosial warga yang kedapatan tidak melaksanakan prokes. “Jadi ada yang diminta menyapu pasar dan membersihkan kantor camat,” terangnya.

Mengingat kasus Covid-19 terus bertambah, pihaknya pun mengimbau supaya masyarakat mengikuti arahan dan imbauan dari pemerintah dalam hal ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Badung dengan senantiasa menerapkan prokes. “Kami himbauan warga tetap mengikuti prokes dengan selalu mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak, itu harapan kami. Ini kita lakukan demi menjaga kesehatan kita bersama, astungkat kita sehat negara menjadi kuat,” kata Wayan Darma. 020

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.