Tak Hiraukan Imbauan Pemerintah, Lurah Gianyar Tegur Pedagang Bermobil

427 Melihat
Petugas melakukan sidak pedagang bermobil yang jualan dini hari – POS BALI/ADI

GIANYAR, posbali.co.id – Pedagang bermobil yang biasanya berjualan di Pasar Umum Gianyar, tak mengikuti imbauan pemerintah. Setelah ada imbauan pasar di buka Pukul 07.00 wita  pedagang bermobil tetap jualan dini hari, hanya saja tidak di pasar. Mereka berjualan di beberapa ruas jalan di seputaran Desa Gianyar. Karena mengganggu kenyamanan warga, Lurah Gianyar bersinergi dengan Desa Adat Gianyar, bersama Satgas Covid-19 dan Satgas Gotong Royong Desa Adat Gianyar menegur pedagang tersebut.

Pada sidak yang dilakukan Rabu (22/4) sekutar pukul 03.30 wita, nampak puluhan pedagang brrmobil dan juga seoeda motir membula lapaknya di seputaran Jalan Patih Jekantik, Jalan Dalem Rai, Jalan Dipta dan Jalan Ngurah Rai. Saat didatangi petugas, pedagang menutup lapaknya, namun saat petugas pergi pedagang tersebut kembali membuka lapaknya.
Petugas melakukan sidak pedagang bermobil yang jualan dini hari – POS BALI/ADI
Lurah Gianyar, Made Setiawan, Rabu (22/4) mengatakan, karena banyaknya keluhan warga, pihaknya bersinergi dengan Desa Adat Gianyar, melakukan sidak pedagang bermobil yang berjualan pada dini hari. “Saat sidak, kita menemukan lebih dari 20 pedagang yang berjualan di beberapa ruas jalan di wilayah Desa Gianyar,” ujarnya.
Dikatakanya, pedagang tersebut sebagian besar pedagang bermobil di Pasar Umum Gianyar. Tetapi karena pasar buka pukul 07.00 wita, agar bisa jualan lebih awal, pedagang tersebut membuka lapaknya di badan jalan. “Sebelum pasar di buka, mereka berjualan di pinggir jalan,” jelasnya.
Karena melanggar imbauan dari pemerintah, kata Setiawan, pedagang tersebut diimbau dan diminta dengan tegas agar tidak berjualan di ruas jalan di seputaran Desa Gianyar. “Kita imbau agar tidak berjualan di pinggir jalan. Selain itu, kita juga memasang baliho larangan berjualan di sepanjang jalan di wilayah Desa Gianyar,” tegasnya.
Selanjutnya, karena pihak kelurahan dan desa adat hanya bisa memberi imbauan, hasil sidak dilaporkan je Satpol PP Gianyar. “Hasil sidak sudah kita laporkan ke Satpol PP, agar ditindak lanjuti. Kita hanya bisa sebatas memberikan imbauan, untuk pemberian sanksi kewenangan ada di Satpol PP,” pungkasnya. 011

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.