Syarat Rapid Test Masih Berlaku

Made Rentin
594 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Meskipun tambahan positif Covid-19 di Bali menurun signifikan sejak beberapa hari belakangan ini, namun kebijakan masuk pintu Bali bebas Corona berbasis rapid test (tes cepat) masih berlaku.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, I Made Rentin di Denpasar, Minggu (18/10). “Baik masuk maupun keluar Bali, wajib mengantongi surat rapid test dengan hasil nonreaktif. Kebijakan ini untuk menekan penyebaran Covid-19,” katanya.

Bahkan, lanjut dia, di tingkat nasional juga diberlakukan kebijakan rapid test.”Jadi masuk di semua wilayah Indonesia wajib mengantongi rapid test dengan hasil nonreaktif,” ungkapnya.

Tambah dia, untuk di Bali sendiri kebijakan rapid test itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Wayan Koster, Nomor: 10925 Tahun 2020 tentang Pengendalian Perjalanan Orang Pada Pintu Masuk Wilayah Bali dan Percepatan Penanganan Covid-19.

Sementara terkait perkembangan kasus Covid-19 di Provinsi Bali per Minggu (18/10), Kalaksa BPBD Provinsi Bali ini menyebutkan bahwa terkonfirmasi positif bertambah 74 orang sehingga kumulatif menjadi 10.771 orang. Terdiri dari 10.742 WNI dan 29 WNA.

Menurutnya, upaya pengendalian dan pencegahan ini bukan hanya tugas pemerintah, namun menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat, karena dampaknya sangat terasa terutama di bidang perekonomian rakyat. Untuk memutus rantai penularan Covid-19, maka keramaian dalam bentuk tajen di setiap desa adat harus dihentikan sementara serta semua bentuk kegiatan adat yang melibatkan banyak orang, seperti pasangkepan, patedunan, dan sejenisnya supaya dilaksanakan dengan jumlah peserta yang sangat terbatas dengan tetap menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Mari kita dukung upaya pemerintah dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan, saling mengingatkan sesama, selalu menjaga diri dan lingkungan agar bisa segera terbebas dari pandemi ini,” pungkasnya. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.