Suwirta Semangati Petani Rumput Laut di Nusa Lembongan

Bupati Suwirta memanen rumput laut di pesisir pantai Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Senin (20/9/2021).
85 Melihat

KLUNGKUNG, posbali.co.id – Selain mengembangkan budidaya  Abalon, perhatian Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, juga sangat serius untuk terus membangkitkan perkembangan rumput laut di Nusa Lembongan. Hal ini terlihat ketika Bupati didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Dewa Ketut Sueata Negara, meninjau tempat petani rumput laut di pesisir pantai Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Senin (20/9/2021).

Saat di lokasi, Bupati Suwirta terus memberikan semangat kepada para petani rumput laut agar terus membangkitkan dan tentunya mengembangkan budidaya rumput laut ini. Mata pencarian masyarakat di Nusa Penida dari dulu memang sangat dikenal mencari rumput laut, meskipun situasi masih di tengah Covid-19, budidaya rumput laut harus tetap dikembangkan jangan sampai punah.

‘’Mari bersama-sama jaga semangat dan ingat selalu bersyukur, kelestarian rumput laut disini harus dijaga dan terus dikembangkan,’’ harap Suwirta.

Salah seorang petani rumput laut, I Nyoman Muliastika asal Nusa Lembongan, mengatakan perkembangan rumput laut belakangan ini hasilnya tidak begitu bagus. Ini disebabkan karena ada banyak lumut yang menyerang rumput laut. Untuk proses panen membutuhkan waktu selama 25-30 hari. Sedangkan untuk penjualannya seharga Rp16 ribu.

‘’Hasil perkembangan panennya sekarang tidak begitu maksimal dulu sebelum Covid-19 kita panen setiap 30 hari sudah besar rumput lautnya, tetapi sekarang masih kecil. Sedangkan untuk penjualannya sekarang mengalami peningkatan, dulu sebelum Covid-19 seharga 14 ribu sekarang 16 ribu,’’ ujarnya. baw

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.