Sukseskan Pilkada Badung, Bendesa Adat Gulingan Ajak Krama Jalankan “Swadarmaning Negara”

Bendesa Adat Gulingan, Ida Bagus Gangga (kiri) saat berbincang dengan masyarakatnya.
96 Melihat

MANGUPURA, posbali.co.id – Bendesa Adat Gulingan, Ida Bagus Gangga, mengajak krama adat khususnya di Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung untuk menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Badung tahun 2020. Menurutnya, memilih dalam pemilu atau pilkada merupakan salah satu wujud “swadarmaning negara” (kewajiban sebagai warga negara).

Bendesa Adat Gulingan masa bakti 2020-2025 yang baru dikukuhkan secara musyawarah pada 31 Oktober 2020 ini mengajak masyarakat datang ke tempat pemungutan suara (TPS) tanggal 9 Desember 2020 untuk menggunakan hak suara dengan sebaik-baiknya. “Mari jalankan swadarmaning negara dengan datang ke TPS pada hari pencoblosan nanti,” ujar Ida Bagus Gangga, Sabtu (21/11).

Seperti diketahui, Pilkada Badung tahun 2020 hanya diikuti satu pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Badung, yakni I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa. Saat ini tahapan-tahapan kampanye masih terus berlangsung. Untuk menjaga kekondusifan di wewidangan (wilayah) Desa Gulingan, Bendesa Adat meminta krama mengedepankan manyama braya, menjaga persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan pandangan politik.

Lebih lanjut disampaikan, meskipun dalam Pilkada Badung tahun ini hanya ada satu pasang calon, diharapkan tidak mengendurkan antusias masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan. Warga yang memiliki hak suara diharapkan tetap mempergunakan hak pilih sesuai dengan hati nurani. “Partisipasi masyarakat sangat penting untuk menyukseskan pilkada guna memajukan Kabupaten Badung,” imbuh Ida Bagus Gangga.

Bendesa Adat Gulingan juga menyatakan kesiapannya bersama Prajuru Desa Adat Gulingan untuk menciptakan Pilkada sehat dengan mengedepankan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Prokes yang dimaksud meliputi penggunaan masker yang standar, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir atau dengan penyanitasi tangan, serta menghindari kerumunan. “Kesehatan harus diutamakan. Jadi harus disiplin menerapkan protokol kesehatan sesuai imbauan pemerintah. Jangan sampai pelaksanaan Pilkada menciptakan klaster baru penularan virus Corona,” tegasnya.

Ida Bagus Gangga berharap Pilkada Badung tahun 2020 dapat berjalan aman, lancar, dan sukses. Dia juga menaruh harapan pada Bupati dan Wakil Bupati Badung selanjutnya agar bisa semakin memajukan Kabupaten Badung. Tentunya kemajuan itu berdampak pula bagi kesejahteraan krama Desa Adat Gulingan. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.