ST Banjar Abasan Singapadu Tanam Tanaman Upakara

Penanaman tanaman upakara di Beji Merak, Banjar Abasan, Desa Singapadu Tengah, Sukawati, Gianyar, Minggu (18/10).
105 Melihat

GIANYAR, posbali.co.id – Sekaa Teruna Banjar Abasan, Desa Singapadu Tengah, Sukawati, menanam tanaman upakara di areal Pura Beji Merak, Minggu (18/10) untuk menjaga alam. Selain menanam pohon, mereka juga gotong royong membersihkan telajakan sungai agar lebih asri. Hal itu diungkapkan Koordinator Kegiatan, I Made Wisnawa.

“Sekarang kami tanam bunga tabebuya, bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Lokasinya di Pura Beji Merak, sepanjang sungai juga akan ditanam bunga merak bali untuk pelestarian lingkungan,” jelasnya usai kegiatan.

Lebih lanjut disampaikan, di lahan desa akan dibuat wahana bermain anak-anak. Konsepnya yakni pelestarian lingkungan, ruang terbuka hijau anak, tanaman upakara dan langka. Khusus untuk program menanam tanaman upakara, cetusnya, tidak lepas dari dukungan rekan-rekan anggota sekaa teruna.

“Karena anak bermain ada edukasi, bukan ditanam saja, tapi ini perlu dirawat rutin sambil bermain di areal ini. Dukungan banyak dari komunitas trash hero pungut sampah plastik, sekaa teruna, hingga warga banjar,” ungkapnya dengan nada bangga.

Wisnama menambahkan, dia mengambil konsep pejuang anak tanam satu pohon. Phon akan dinamai sesuai dengan yang menanam, sehingga secara tidak langsung mereka dapat merawat dan memelihara tanaman tersebut sambil bermain di lokasi. “Tujuannya agar terbiasa apa yang ditanam untuk generasi berkelanjutan. Sebab, sekarang banyak seumur jagung dalam penanaman, bahkan kelangsungannya tidak ada,” pungkasnya bernada mengingatkan. 011

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.