SMP Saraswati 1 Denpasar Luncurkan Perpustakaan Digital

Kepala SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, I Nyoman Sumerta, foto dengan plakat Penghargaan Sekolah Aktif Literasi Tingkat Nasional, bersama salah satu guru Ni Nyoman Ayu Savitri, peraih penghargaan Guru Aktif Literasi
842 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Keluarga besar SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar kini bisa menikmati layanan perpustakaan digital. Layanan tersebut dihadirkan SMP (SLUB) Saraswati guna mempermudah peminjaman buku. Siswa tidak perlu datang ke sekolah, terlebih dalam masa pandemi Covid-19.

Kepala SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, Drs. I Nyoman Sumerta, mengatakan pelayanan perpustakaan digital merupakan inovasi yang sangat dibutuhkan warga sekolah, khususnya siswa di masa pandemi yang hendak meminjam buku dari perpustakaan. Terlebih siswa masih melaksanakan kegiatan belajar dari rumah secara daring.

Perpustakaan digital ini dapat diakses oleh seluruh warga sekolah ini melalui ponsel pintar secara gratis. Tersedia beragam buku dari berbagai kategori yang dapat diakses dimana pun dan kapan pun, dengan beraneka ragam bacaan menarik sesuai kebutuhan siswa.

“Cukup dengan menggunakan gadget masing-masing, siswa dapat mengakses buku yang diperlukan tanpa harus datang ke perpustakaan sekolah. Caranya dengan mengunduh di play store atau apps store secara gratis,’’ ungkap Nyoman Sumerta di sela-sela peluncuran perpustakaan digital “Smart Library” SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, Senin (1/2/2021).

Menurut Sumerta, kehadiran perpustakaan digital ini sebagai upaya menggiatkan kembali program literasi sekolah serta mendorong peserta didik untuk gemar membaca meskipun dalam situasi pandemi. Ini sesuai dengan motto “satu buku, satu siswa, satu hari” guna mencerdaskan generasi bangsa. Dia pun berharap dengan teknologi yang lebih maju ini, para siswa dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan dan menambah wawasan pengetahuan, juga meningkatkan budaya literasi.

Di sisi lain, SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar juga berpartisipasi menggiatkan literasi dengan mengikuti Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB) 2020 yang diselenggarakan oleh GMB Indonesia. Ini adalah tahun kedua keikutsertaan dalam GSMB setelah yang pertama tahun 2019. Pada 2019, karya siswa berupa cerpen berhasil dibukukan dalam kumpulan cerpen “Halaman Harapan”. Untuk tahun 2020, karya literasi siswa sekolah ini terpilih dan dibukukan dalam kumpulan puisi “Rahasia Bulan Purnama”.

Keberhasilan tersebut juga dibarengi dengan dinobatkannya salah seorang guru SMP (SLUB) Saraswati 1 sebagai Guru Aktif Literasi atas nama Ni Nyoman Ayu Savitri, S.Pd. “Prestasi yang membahagiakan di awal tahun 2021. Semoga ke depannya banyak prestasi yang bisa diukir para siswa dan guru dalam menggiatkan literasi,’’ pungkas Sumerta. tra.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.