SMKN 3 Denpasar Siapkan 15 Rombel untuk Siswa Baru

Kepala SMKN 3 Denpasar, Drs. AA Bagus Wijaya Putra, M.Pd
2,175 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id- SMKN 3 Denpasar menyelenggarakan empat program keahlian yaitu Akomodasi Perhotelan, Tata Boga, Kecantikan (Kulit dan Rambut), serta Tata Busana. Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2019/2020, SMKN 3 Denpasar menyiapkan 15 rombongan belajar (rombel).

Kepala SMKN 3 Denpasar, Drs. AA Bagus Wijaya Putra, M.Pd, menyampaikan, jumlah 15 rombel tersebut sesuai dengan daya tampung sekolah ini. Secara rinci terdiri atas enam rombel untuk Akomodasi Perhotelan, enam rombel untuk Tata Boga, satu rombel Kecantikan Kulit, satu rombel Kecantikan Rambut, dan satu rombel Tata Busana. Adapun setiap rombel terdiri atas 36 siswa sesuai dengan Permendikbud tentang PPDB.

“Dengan 15 kelas yang kami sediakan untuk siswa baru, maka kami akan menerima 540 siswa baru. Jumlah ini termasuk dua orang siswa dari Papua yang akan diterima melalui program ADEM atau Afirmasi Pendidikan Menengah yang diselenggarakan khusus oleh Kemendikbud,” kata Wijaya Putra saat ditemui di sekolah setempat, Jl. Tirtanadi No. 19 Sanur, Denpasar, Senin (3/6).

Ia menjelaskan, Akomodasi Perhotelan dan Tata Boga menjadi jurusan dengan peminat yang membeludak di sekolah ini. Sementara Kecantikan (Kulit dan Rambut) dan Tata Busana peminatnya masih belum banyak sehingga hanya disiapkan masing-masing satu kelas saja. “Beberapa tahun lalu, untuk Kecantikan dan Tata Busana, peminatnya memang di bawah daya tampung yang tersedia. Namun pada PPDB tahun lalu, itu sudah terisi penuh, artinya jurusan ini semakin diminati calon peserta didik,” jelasnya.

Wijaya Putra berharap pelaksanaan PPDB tahun ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar, serta semua program keahlian terisi penuh sesuai kuota. Kegaduhan proses penerimaan siswa seperti yang terjadi tahun 2018 lalu diharapkannya tidak terulang kembali. Untuk mewujudkan ketertiban dan kelancaran pelaksanaan PPDB, menurutnya diperlukan komitmen dari pemerintah, sekolah, dan masyarakat (orang tua siswa) untuk bersama-sama melaksanakan PPDB sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

“Ketertiban dalam PPDB ini tentu sangat penting artinya termasuk bagi siswa itu sendiri. Tertib mengikuti aturan yang ada juga menjadi bagian dari penanaman karakter peserta didik. Lebih dari itu, penerimaan siswa menyesuaikan daya tampung sekolah merupakan upaya untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas,” tegasnya. 026

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.