“Sisya Upanayana”, Siapkan Generasi Berkarakter

335 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Upacara Sisya Upanayana penting digelar sebelum seorang siswa menginjak masa pendidikan. Upacara pawintenan ini bertujuan untuk melakukan penyucian secara niskala bagi peserta didik agar tiada halangan dalam proses menimba ilmu.

Demikian dinyatakan Ketua Korlap Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Denpasar Timur  Drs. I Wayan Budiasa, M.Si., Jumat (9/8) di sela-sela upacara Sisya Upanayana terhadap 1.065 siswa SMPN 8 Denpasar sebagai kerjasama pihaknya dengan sekolah bersangkutan.

“Tujuan Sisya Upanayana tiada lain memohon ijin atau restu kehadapan Ida Hyang Widhi dalam hal ini manifestasinya sebagai Dewi Saraswati, dan memohon anugerah secara lahir dan batin, agar selalu mendapat perlindungan dari beliau,” katanya.

Dengan memohon izin ke dewi pemilik kata, ia berharap ilmu pengetahuan yang diharapkan setiap siswa bisa didapatkan. Melalui upaya tersebut, diharapkan akan terlahir generasi muda Hindu yang berkualitas, berbudi pekerti, sopan, dan berkarakter.

Kepala Sekolah SMPN 8 Denpasar I Wayan Murah, S.Pd., mengungkapkan kegiatan seperti ini sejatinya telah rutin digelar untuk mengawali tahun pelajaran baru sebagai wujud matur piuning (minta izin) ke hadapan Tuhan dalam manifestasinya sebagai dewi ilmu pengetahuan.

“Tujuannya tiada lain untuk mempersiapkan peserta didik  lahir batin atau wahya adyatmika. Ketika siswa-siswi siap secara lahir bathin, totalitas melakukan  pembelajaran pasti hasilnya lebih baik,” jelasnya didampingi Ketua Komite SMPN 8 Denpasar, Drs. I Ketut Sutrawan. 015

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.