Siswa Bisa Manfaatkan Wifi Gratis

Ilustrasi wifi. Foto: ist
1,639 Melihat

MANGUPURA, posbali.co.id – Wifi gratis yang disiapkan Pemkab Badung kini bisa dimanfaatkan para siswa untuk belajar dalam jaringan (daring). Sejumlah banjar memanfaatkan sarana Wifi gratis tersebut ke rumah-rumah, sehingga para siswa bisa menggunakan jaringan tersebut untuk belajar. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Badung, IGN Jaya Saputra, Selasa (21/7).
Dia mengakui beberapa bulan belakangan ini instansinya ada program pemanfaatan Wifi tersebut, termasuk untuk belajar siswa. Untuk sementara jaringan wifi itu diberi bantuan oleh Pemkab Badung. “Namun, pihak banjar menambah alat lagi yang teknisnya ditanggung banjar,” ungkapnya.
Lebih jauh diutarakan, percobaan pemanfaatan Wifi gratis untuk proses belajar dilakukan di Banjar Bindu, Abiansemal. Untuk tahap awal pemanfaatannya lumayan efektif, karena banjar mengatur teknis ke rumah-rumah warga. Selanjutnya akan dicoba di Petang, Kapal, Mambal, dan daerah lainnya di Badung.
“Ini masih uji coba dan belum kami luncurkan. Namun, pendampingan tim teknis banjar harus kuat,” terangnya.
Jaya Saputra berkata di masing-masing banjar kecepatan wifi saat ini mencapai 100 Mbps. Jadi, bisa dimanfaatkan banyak orang dalam saat bersamaan. Rata-rata bisa digunakan 50 sampai 60 pengguna secara bersamaan.
Dia berharap tahun 2021 mendatang program ini bisa dikembangkan, sehingga jaringan Wifi benar-benar bisa berguna dan dirasakan masyarakat. “Harapan kami, mudah-mudahan masyarakat bisa memaksimalkan Wifi gratis ini untuk pendidikan, pengembangan UMKM, keamanan, dan lainnya,” harapnya. 020

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.