Senator Anak Agung Gde Agung minta Intensifkan Penyemprotan Disinfektan 

445 Melihat
Senator Anak Agung Gde Agung menyerahkan sprayer di Puri Ageng Blahbatuh – POS BALI/ADI

GIANYAR, posbali.co.id  – Penyebaran kasus Covid-19 di Bali, khususnya Gianyar mengalami peningkatan setiap saat. 17 orang terkonfirmasi positif hingga Kamis (23/4) tiga diantaranya sembuh. Dari tujuh kecamatan di Gianyar, Kecamatan Blahbatuh menjadi wilayah terbanyak yang terpapar virus, yakni mencapai 4 orang.

Melihat peningkatan kasus tersebut, Senator DPD RI Anak Agung Gde Agung mendorong agar upaya penyemprotan disinfektan diintensifkan. Semakin bersih lingkungan dari ancaman virus, maka semakin kecil kemungkinan tertular. Penglingsir Puri Agung Mengwi yang mantan Bupati Badung ini pun menyerahkan bantuan alat sprayer, disinfektan dan sejumlah masker kepada Satgas Gotong Royong Covid Desa Adat di Kecamatan Blahbatuh. Penyerahan dipusatkan di Puri Ageng Blahbatuh, Kamis (23/4) sore.
“Karena Blahbatuh nampaknya mulai ada peningkatan kasus. Sebagai upaya pencegahan, penyemprotan disinfektan harus lebih aktif dilakukan,” ujarnya.
Sementara melihat aktifitas masyarakat dalam situasi pandemic Covid-19, AA Gde Agung merasa sedikit khawatir. Menurutnya, disiplin masyarakat mulai melemah. Hal itu tampak dari semakin padatnya arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan. Pihaknya pun meminta masyarakat kembali seperti ketika awal munculnya kasus ini di Bali. Yakni mematuhi imbauan pemerintah dengan di rumah saja, rajin mencuci tangan, memakai masker dan jaga jarak. “Sebaiknya di rumah saja, jika tidak ada kepentingan keluar. Tidak kalah penting adalah jauhi kerumunan. Jangan justru menciptakan kerumunan. Karena bahayanya luar biasa, satu kena semua bisa terinfeksi,” pungkasnya.
Sementara itu Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh, AA Kakarsana telah bersama-sama prajuru adat melakukan upaya pencegahan. “Pelaksanaan penyemprotan sudah dilakukan rutin. Dan dengan penambahan alat, pastinya akan lebih rutin lagi,” jelasnya. 
Hal senada diungkapkan Bendesa Adat Blahbatuh I Wayan Kantor. Setiap 4 hari sekali, pihaknya bersama satgas gotong royong rutin melakukan penyemprotan disinfektan di wilayahnya. Termasuk area pura. “Dalam hal mendukung pemerintah, kami di adat juga membatasi kegiatan masyarakat,” jelasnya. 011

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.