Sehari, Jembrana Tambah 20 Kasus Covid-19

Foto: PULANG PEMULANGAN pasien positif Covid-19 yang sebelumnya sempat menjalani perawatan di RSU Negara. Foto: man
577 Melihat

JEMBRANA, posbali.co.id – Lonjakan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Jembrana terjadi, Minggu (23/8). Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana mencatat rekor penambahan kasus sebanyak 20 orang. Sehingga total keseluruhan kasus konfirmasi sebanyak 103 orang.

‘’Sebanyak 20 warga tersebut merupakan pengembangan hasil pelacakan dari warga yang sebelumnya terkonfirmasi covid-19, sehingga terbentuk klaster-klaster penyebaran,’’ ungkap Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana, dr. I Gusti Agung Putu Arisantha, Minggu.

Arisantha menjabarkan klaster-klaster yang terbentuk di antaranya klaster Perangkat (Kaur) Desa Warnasari ada dua orang dan seorang bidan puskesmas juga asal Warnasari.

Untuk klaster perkantoran di salah OPD Pemkab Jembrana ada tujuh orang yang terkonfirmasi positif yang keseluruhannya merupakan rekan kerja yang berada dalam satu ruangan serta tim auditor mitra kerja di luar instansi. Mereka jalin kontak erat dengan pasien tersebut. Kemudian dari klaster Kelurahan Lelateng terkonfirmasi ada penambahan seorang orang yang merupakan keluarga dari pasien. Sehingga total dari klaster sebanyak tiga orang, seluruhnya satu keluarga.
Tambahan tiga lainnya, merupakan pengantar santri, ber-KTP Jembrana namun berdomisili di Denpasar, dan seorang dari desa Manistutu, Kecamatan Melaya. Di luar itu ada juga penambahan kasus baru dari warga yang hendak pre-operasi. Hasil tes cepat dan tes usap positif.

‘’Melihat lonjakan penambahan kasus terkonfirmasi di Jembrana yang signifikan serta terbentuknya klaster-klaster penyebaran, saya berharap masyarakat jembrana agar lebih waspada, dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Terlebih anggota keluarga dan rekan kerja yang sempat keluar daerah, sebagai langkah dalam meminimalisir penyebaran Covid-19,’’ jelasnya
Terkait kesembuhan pasien, Minggu kemarin RSU Negara kembali memulangkan dua pasien yang terkonfirmasi Covid-19. Pasien tersebut, wanita berusia 59 tahun dan cucu laki-lakinya berusia 8 tahun yang keduanya berasal dari Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya. Pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah hasil tes usapnya negatif setelah menjalani karantina selama 10 hari perawatan di RSU Negara.

‘’Pasien yang sembuh dan dipulangkan tersebut, secara umum kondisinya baik serta tidak ada gejala klinis. dari 103 orang orang yang terkonfirmasi positif. Sementara angka kasus meninggal dunia 1 orang,’’ pungkasnya 024

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.