Seekor Penyu Sisik Kembali Terdampar di Pantai Kuta

ist/kondisi penyu yang diamankan setelah terdampar di pantai kuta
270 Melihat
MANGUPURA, POSBALI.co.id – Seekor penyu sisik berukuran 50 cm, Selasa (25/3) pagi ditemukan terdampar di Pantai Kuta. Saat dievakuasi petugas, kondisi penyu yang diperkirakan berumur 5-6 tahun tersebut diketahui masih sehat, namun kondisi kaki kanan bagian depan diketahui hampir putus. Penyu tersebut kemudian dilarikan ke tempat penangkaran dan konservasi penyu dan sudah dilaporkan kepada pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali.

Koordinator Kuta Beach Sea Turtle Conservation, IGA Tresna menerangkan, penyu tersebut diketemukan terdampar sekitar pukul 06.00 Wita pantai titik depan kantor Satgas Pantai Kuta. Fenomena tersebut diakuinya merupakan fenomena rutin yang terjadi di Pantai Kuta. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi arus, gelombang dan sampah kiriman yang terjadi seperti saat musim ini. “Kadang penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang, bahkan kadang pernah bangkai babi atau kambing. Kalau ditemukan dalam kondisi hidup, maka kita berikan pertolongan. Tapi kalau mati maka kita langsung kubur,”terangnya.

Diceritakannya, sejak awal tahun 2020 ini, ada sekitar 7 ekor penyu yang terdampar di Kuta. Berkurangnya kondisi sampah kiriman yang menepi saat ini, diakuinya menjadi faktor yang membuat kondisi penyu terdampar di Kuta lebih banyak yang bisa diselamatkan dibandingkan tahun sebelumnya. “Sampahnya kiriman berupa kayu ini yang membahayakan penyu, karena mereka bisa terluka dihantam ombak bercampur sampah kayu. Kalau terjerat sampah plastik, itu masih kita bisa tolong,”ungkapnya.

Selain terhadap kondisi penyu terdampar, sampah kiriman diakuinya juga berpengaruh terhadap kelangsungan hidup bayi tukik yang dilepasliarkan di Kuta. Karena itulah kegiatan rilis bayi tukik dilaksanakan usai musim sampah kiriman, yaitu sekitar bulan April. Pihaknya berharap kondisi sampah kiriman yang menepi di Kuta saat ini tidak meningkat kedepannya. GAY

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.