Satroni Rumah Perbekel, Residivis Dihajar Massa

Wayan Putrawan alias Kletak ketika diamankan polisi, Sabtu (26/9).
106 Melihat

BULELENG, posbali.co.id – Nekat mencuri di rumah milik Putu Budiasa yang tak lain Perbekel Desa Dencarik, seorang residivis bernama Wayan Putrawan alias Kletak (39) nyaris tewas karena dihajar massa. Beruntung aksi main hakim sendiri ini berhasil direda setelah jajaran Polsek Banjar langsung mengamankan Kletak untuk dibawa menjalani pemeriksaan polisi.

Terungkapnya kasus pencurian yang dilakukan Kletak ini bermula dari warga setempat melakukan ronda malam, karena wilayah tersebut kerap mengalami aksi pencurian. Pada Sabtu (26/9) dini hari, Kletak yang merupakan warga Desa Sinabun, Kecamatan Sawan, Buleleng, menyatroni rumah milik Perbekel Budiasa.

Kletak masuk ke dalam rumah Perbekel Desa Dencarik yang diduga melalui plafon atap rumah. Kletak memasuki kamar suci untuk mencuri barang berharga. Di dalam kamar suci itu, Kletak mengambil peralatan sembahyang milik Budiasa.

Sekitar pukul 03.00 Wita, Budiasa terbangun dengan maksud untuk minum air putih. Ia pun mendengar suara warga yang datang karena melihat Kletak sedang mengambil barang miliknya.

Budiasa menerangkan, tas yang di dalamnya berisi genta dan peralatan sembahyang lainnya disikat maling. “Belum ada sebulan, HP lama saya hilang dan uang anak. Sekarang tas isinya genta dan peralatan lain. Mungkin dikira ada uang dalam tas itu. Nah, diketahui warga makanya dikejar warga sampai ke Dusun Lebah dan tertangkap di sana,” tutur Budiasa.

Kletak diduga tidak sendirian dalam menjalankan aksinya. Diduga ada orang sebagai penunjuk jalan. Bahkan, pelaku sempat melakukan perlawanan dengan warga serta membongkar pura untuk digunakan melempar warga, dan kemudian bersembunyi di plafon rumah warga.

“Kunci Pura Desa diambil setelah saya cek. Awalnya lihat warga ngeruduk, ternyata pencuri Keletak ditangkap, Sanggah warga banyak yang rusak karena dilompati dan dibongkar digunakan melakukan perlawanan. Informasi jumlah kerugian masih belum ada laporan. Sekarang warga menunggu proses di polisi,” jelas Budiasa.

Kletak sempat sembunyi di plafon rumah warga lainnya ketika diketahui warga sebelum akhirnya dihajar oleh warga setempat. Polisi yang menerima informasi, langsung mendatangi lokasi untuk mengamankan pelaku pencurian itu.

Kapolsek Banjar, AKP Made Agus Dwi Wirawan, membenarkan, pelaku pencurian bernama Kletak diamankan polisi. Ia mengungkapkan, dengan tembakan peringatan, pelaku menyerah di TKP di Dusun Banjangan dan dikejar sampai ke Dusun Lebah.

Kini kasus ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut bersama Polsek lainnya termasuk Polres Buleleng, karena diduga pelaku juga melakukan aksi serupa di beberapa TKP. “Kami masih sedang melakukan pemeriksaa bersama Reskrim Polres dan Seririt karena ada beberapa TKP lain yang juga disasar. Kami tangkap pelaku karena sebelumnya bersembunyi di plafon rumah,” kata AKP Agus Dwi. 018

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.