Sambut Galungan Keris Sumbang Darah, Jro Bima: Kami Bukan Pejabat!

Foto: Ketua Yayasan Kesatuan Keris Bali, I Ketut Putra Ismaya Jaya saat mendonorkan darahnya di PMI Bali.
263 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan, Yayasan Kesatuan Keris Bali menggelar berbagai aksi sosial. Salah satunya melakukan donor darah di PMI Bali, di Denpasar, Minggu (11/4).

“Kami tidak ada uang untuk beli babi, kami bukan pejabat! Babi sekarang mahal. Jadi kami sumbang darah,” ujar Ketua Yayasan Kesatuan Keris Bali, I Ketut Putra Ismaya Jaya ketika lenggannya disuntik untuk donor darah.

Ditemui seusai donor, pria yang akrab disapa Jro Bima ini menegaskan bahwa yayasan yang dirikan di tahun 2020 lalu, bergerak dibidang kemanusian dengan jalan dharma untuk mendapatkan karma.

“Jadi yadnya (korban suci tulus iklhas, red) adalah yadnya darah. Setiap hari ada orang yang butuh darah, dan kami setiap hari hadir membantu masyarakat. Selain itu, per triwulan kita juga ada,” tegasnya.

Nyame Keris Bali berfoto bersama seusai melakukan donor darah di PMI Bali

Dijelaskan, di momen jelang Galungan dan Kuningan, di mana anggota dewan banyak yang nyumbang daging babi untuk keperluan upakara, maka Keris Bali memutuskan untuk menyumbang darah.

“Jadi kalau be celeng (daging babi, red) harus ngelah pipis (punya uang, red). Jadi kami kanggoang darah. Karena PMI sendiri di Hari Raya Galungan sangat banyak butuh darah,” ungkapnya.

Dikatakan, PMI saat ini paceklik darah akibat pandemi Covid-19. Banyak orang yang takut melakukan donor karena menghindari kerumunan.

“Di momen Galungan inilah saya ikut menyumbang stok darah untuk umat manusia yang kira-kira nanti butuh darah. Karena rentan terjadi kecelakaan di jalan raya saat Galungan dan Kuningan,” ujarnya.

Pihaknya juga menegaskan, nyame (saudara, red) Keris Bali yang ada dan tersebar di sembilan kabupaten/kota siap setiap saat mendonorkan darah jika ada yang membutuhkan.

“Di semua kabupaten/kota, kami mewajibkan setiap nyame Keris. Jadi ini adalah bentuk ngayah, ketulusan dibuktikan dengan darahmu. Setiap saat, 24 jam kami siap membantu masyarakat nyame Bali,” tutur pria yang memiliki golongan darah O plus ini.

Dia mengungkapkan, begitu ada yang membutuhkan darah, maka nyame Keris langsung datang bergerak ke rumah sakit.

“Berapa kantong dia butuh, maka nyame kami akan datang. Jadi tinggal hubungi kami melalui nyame-nyame yang tersebar di seluruh Bali. Jadi ini sudah diketahui masyarakat. Jika butuh darah tidak hanya ke PMI, ke Keris Bali pun bisa,” tandasnya. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.