Sambut Dies Natalis Ke-59, Sivitas Akademika Unud Donor Darah dan Plasma Konvalesen

Rektor Unud, Prof. I Nyoman Gde Antara, didampingi para Wakil Rektor, saat meninjau pelaksanaan donor darah dan donor plasma konvalesen di Kampus Sudirman Denpasar, Jumat (17/9/2021).
192 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Dalam rangka Dies Natalis Ke-59 Universitas Udayana (Unud) mengadakan donor darah dan donor plasma pada Jumat (17/9/2021) bertempat di Gedung Skill Lab Cakra Vidhya Usadha, Fakultas Kedokteran, Kampus Sudirman Denpasar. Donor diikuti oleh sivitas akademika Unud, mulai dari dosen, pegawai, hingga mahasiswa.

Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU., mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, Dies Natalis Unud yang jatuh pada 29 September setiap tahun tetap dilaksanakan menyesuaikan dengan situasi. Selain diselenggarakan kegiatan-kegiatan akademik dan ilmiah, juga digelar kegiatan-kegiatan pengabdian dan kekeluargan. Salah satunya donor darah dan donor plasma konvalesen ini. “Perayaan dies natalis ke-59 lebih sederhana karena memang situasinya belum memungkinkan, agar jangan sampai kita melakukan hal-hal kontraproduktif dengan penanggulangan pandemi,” ujarnya.

Rektor Unud mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas sumbangsihnya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada para pendonor yang telah mendonorkan darah maupun plasma konvalesen. “Tentu ini sangat membantu bagi kesembuhan pasien, baik yang berkaitan dengan Covid maupun tidak,” ucapnya.

Prof. Antara menambahkan, dengan bertambahnya usia Unud semakin tinggi capaiannya sehingga kehadiran kampus ini bisa dirasakan di tengah masyarakat. “Keberhasilan suatu perguruan tinggi adalah bagaimana masyarakat juga bisa merasakan kehadiran universitas itu dalam konteks meringankan beban hidup mereka dan mencerdaskan anak-anak bangsa,” pungkasnya.

Ketua Panitia Dies Natalis Ke-59 Unud, Dr. dr. I Putu Eka Widyadharma, S.Ked, M.Sc, Sp.S(K) dari Fakultas Kedokteran menyampaikan, tema peringatan dies tahun ini adalah “Memperkuat Inovasi dan Daya Saing dengan Semangat Gotong Royong di Era Pandemi Covid-19 untuk Indonesia Bangkit”. Rangkaian kegiatan Dies Natalis di antaranya lomba-lomba, napak tilas, bakti sosial, donor darah dan donor plasma konvalesen, seminar nasional, acara puncak dan kekeluargaan.

Dia menjelaskan, untuk kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen, panitia menargetkan sebanyak 100 orang pendonor. Kegiatan berlangsung dua hari, tanggal 17-18 September 2021. Untuk hari pertama difokuskan pengambilan darah dan screening bagi yang akan mendonorkan plasma konvalesen. Mereka yang hasil pemeriksaannya memenuhi syarat untuk donor plasma, akan dilanjutkan pengambilan plasma konvalesen pada hari kedua.

“Sebagian besar peserta donor adalah sivitas akademika Universitas Udayana, mulai dari dosen, pegawai, dan mahasiswa. Dalam kegiatan ini kami melibatkan banyak pihak, di samping dari panitia juga ada RSUP Sanglah dan Persatuan Donor Darah Indonesia,” katanya. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.