Rumah Warga Desa Pengambengan Tergenang Air

Rumah warga Desa Pengambengan, Negara, Jembrana tergenang air hujan, Minggu (28/2/2021).
64 Melihat

JEMBRANA, posbali.co.id – Sejumlah warga Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana selalu menjadi langganan banjir setiap kali musim hujan. Bahkan saat hujan deras, rumah warga yang berada di wilayah tersebut terendam sehingga sangat mengganggu aktivitas warga. Seperti yang terjadi pada Minggu (28/2/2021), tampak banjir menggenangi rumah warga di Banjar Munduk dan Banjar Ketapang Muara, Desa Pengambengan.

Aminah salah seorang warga menuturkan, setiap hujan turun dengan deras, rumahnya selalu kebanjiran. Terlebih hujan yang terjadi beberapa pekan belakangan ini membuat rumahnya selalu terendam air dan tidak pernah surut. Bahkan, air rendaman ini masuk ke dalam rumahnya. “Rumah saya selalu kebanjiran,” akunya.

Kelian Banjar Munduk, Bambang Suwahono, mengatakan, dari 800 KK warganya sekitar 600 KK yang terdampak banjir. Bahkan, jauh hari sebelum musim hujan, pihaknya bersama warga sudah berulang kali mencarikan solusi seperti membersihkan drainase atau got yang mampet. “Tapi karena curah hujan tinggi, terjadi banjir lagi. Karena di sini dataran rendah,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Perbekel Pengambengan, Kamaruzzaman. Selain wilayah Banjar Munduk, banjir yang menggenangi rumah warga juga terjadi di Banjar Ketapang Muara. “Ini banjir langganan. Di wilayah Ketapang Muara juga ada sekitar 100 KK terendam banjir,” katanya.

Dia menerangkan, dua banjar tersebut memang menjadi langganan banjir. Adapun penyebabnya, selain karena curah hujan tinggi juga karena saluran pembuangan air terlalu kecil. Ditambah lagi dengan sampah yang menyumbat saluran sehingga tidak mampu menampung volume air hujan sehingga air hujan meluber ke permukiman warga.

“Untuk penanganan ini, kami sudah menganggarkan tahun ini untuk melakukan perbaikan saluran air ke laut yang lebih besar agar tidak terjadi banjir lagi setiap musim hujan,” pungkas Kamaruzzaman. 024

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.