Resmikan TPST Samtaku Jimbaran, Menko LBP : Pengolahan Model Begini Sampah di Bali Terkendali 

Menko Marinvest LBP meninjau teknogi pengolahan Samtaku sebelum diresmikan
Menko Marinvest LBP meninjau teknogi pengolahan Samtaku sebelum diresmikan
73 Melihat

JIMBARAN, POS BALI – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinvest), Luhut Binsar  Pandjaitan ( LBP) meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu  (TPST) Sampah Tanggung Jawabku (Samtaku) Jimbaran, Jumat (10/9).  Peresmian ditandai penandatanganan Prasasti.

Saat menandatangani prasasti Menko LBP didampingi Gubernur Bali Wayan Koster, Bupati Badung Giri Prasta, Vice President General Secretary Danone, Galuh Vera Ukraina dan Nani Hendiarti, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves.

“Saya pikir ini langkah yang sangat bagus dari pemda provinsi, kabupaten Badung bersama Aqua. Dan ini, saya kira akan menyelesaikan banyak masalah sampah untuk Badung dan Denpasar. Paling tidak itu dulu,” kata Menko LBP

Ia mengatakan pihaknya sudah bertahun-tahun mencoba di TPA Suwung untuk ada pengelolaan dan pengolahan tetapi tidak jadi-jadi hanya berputar-putar  hingga akhirnya ketemu solusinya model seperti ini dan dibangun disini.

Ia menambahkan, hadirnya TPST Samtaku Jimbaran dapat membuka dan menciptakan lapangan kerja baru bagi 50 orang warga sekitar secara langsung.

“Jadi saya pikir kalau pola model seperti ini di Sarbagita (Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan) dibangun enam. Praktis permasalahan sampah  di Bali terkendali,” imbuhnya.

TPST Samtaku Jimbaran berdiri diatas lahan seluas 50 are dalam sehari atau selama 8 jam dengan satu shift dapat mengolah sampah seberat 120 ton.

TPST Samtaku Jimbaran dikelola oleh pihak swasta dibawah bendera PT Reciki Mantap Jaya.

Dan TPST Samtaku Jimbaran dapat mengolah sampah 120 ton, sementara di Lamongan hanya 60 ton per hari poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.