Rencana Pembangunan Pelabuhan Sanur Sasar Tiga Kepentingan

Gubernur Koster mendampingi Menhub, Budi Karya meninjau rencana pengembangan kawasan pelabuhan Sanur.
Gubernur Koster mendampingi Menhub, Budi Karya meninjau rencana pengembangan kawasan pelabuhan Sanur.
508 Melihat

DENPASAR, POS BALI – Gubernur Bali, Wayan Koster mendampingi Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi meninjau rencana pengembangan kawasan pelabuhan Sanur, Jumat (26/7). Di mana lokasi pembangunan pelabuhan tersebut, terletak di Pantai Matahari Terbit, tepatnya di depan balai Kelompok Mina Sari Asih, Desa Sanur Kaja.

Menteri Perhubungan mengatakan, pelabuhan di kawasan Sanur ini sangat potensial untuk dikembangkan. Menurutnya, dari desain yang dilihatnya, itu akan segera difinalkan dan akan kombinasikan pembangunannya dengan angaran dari APBN dan KPBU. “Jadi kita kombinasikan. APBN itu ada, swasta lokal, swasta nasional, dan swasta internasional juga ada di sini,” jelasnya.

Menurutnya, dengan melibatkan pihak swasta, pihaknya berharap pengelolaan bisa lebih profesioanal. “Kita harapkan swasta yang masuk mempunyai pengalaman internasional. Kita ingin, Bali memiliki standar internasional. Jadi basic-nya APBN, sedangkan tambahan yang sifatnya amanitis dan menjurus ke spesialis itu kita harapkan swasta,” bebernya.

Gubernur Bali, Wayan Koster menambahkan, rencana pembangunan pelabuhan Sanur ini adalah rencana infrastruktur darat, laut, dan udara yang terintegrasi. “Yang laut ini adalah kaitannya dengan segitiga Sanur, Nusa Penida dan Lembongan,” jelas Koster.

Dikatakannya, ada tiga sasaran yang dijangkau dalam pembangunan pelabuhan ini. Yakni kepentingan transportasi masyarakat Nusa yang hilir mudik ke Denpasar, transportasi saat piodalan di Pura Dalem Ped, dan transportasi bagi wisatawan.

“Mumpung ini sedang akan bangun, maka harus berstandar internasional. Nah aspirasi ini telah saya sampaikan kepada Bapak Presiden pada 22 Juli 2019 lalu, dan beliau langsung merespon dengan menghubungi Bapak Menhub untuk memprogramkan. Bahkan, beliau memerintahkan secepat mungkin tahun 2020. Jadi bapak Menteri hadir untuk memastikan program ini berjalan,” tutur Koster.

Sementara itu, Ketua Kelompok Usaha Bersama Nelayan Mina Sari Asih, I Ketut Sukarja (47) sangat setuju dengan rencana pengembangan pelabuhan ini. “Anak cucu kami akan merasakan manfaat dari pembangunan pelabuhan ini,” ujarnya.

Dalam pembangunan pelabuhan ini, pihaknya meminta agar nelayan tradisional diberikan tempat baik untuk sandaran perahu, dan juga bangsal sebagai tempat untuk menaruh peralatan nelayan. “Anggota kami sebanyak 40 orang yang merupakan warga Sanur,” katanya.

PELABUHAN TANAH AMPO

Seusai meninjau rencana pengembangan kawasan pelabuhan Sanur, Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Bali, Wayan Koster juga menyempatkan diri meninjau kelanjutan pembangunan pelabuhan Tanah Ampo, Karangasem, Jumat (26/7).

“Sesuai arahan bapak Presiden, Bali ditingkatan kapasitasnya sebagai tempat tujuan wisata. Sebagaimana kita ketahui, Pelabuhan Tanah Ampo adalah salah satu konektivitas pariwisata. Jadi, proyek ini memang kolaborasi antara pemerintah tingkat II, I, dan pusat. Nah untuk selanjutnya, kita ingin lebih profesional,” ujar BudI Karya.

Menurutnya, proyek ini juga akan mengadeng pihak swasta. Di mana swasta diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dibidang konektifi, baik itu untuk pelabuhan bagi yacth, ataupun cruise.

Sementara itu, Gubernur Koster menambahkan, pelabuhan ini merupakan salah satu sarana infrastruktur yang dirancang pihaknya untuk melayani masyarakat maupun wisatawan khsusunya dibidang transportasi publik.

“Khususnya yang di Tanah Ampao ini, kami desain untuk kapal-kapal cruise yang datang dan bersandar di Bali, sehingga kami siapkan pelabuhan yang berstandar internasional,” jelasnya.

Koster menegaskan, Pelabuhan Tanah Ampo juga bekerjasama dengan KPBU agar bisa dikembangkan lebih profesional, lebih berkualitas khsusunya dalam peningkatan pelayanan dibidang kepariwisataan. “Kita berharap dalam waktu dua tahun ke depan, itu sudah selesai pembangunannya,” tandasnya. alt/poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.