Rayakan Valentine, Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FK Unud Bersihkan Puntung Rokok Pantai Kuta

Foto: Aksi “Smoke Free Beach for Healthy Tourism” oleh Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FK Unud di Pantai Kuta.
1,207 Melihat

MANGUPURA, posbali.co.id – Ada yang unik dalam perayaan Valentine oleh Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FK Unud. Dengan menggandeng SMAN 2 Kuta, Kampus Undhira, Poltekes Denpasar, SMPN 2 Kuta, dan masyarakat Kuta, mereka melakukan bhakti sosial dengan memungut puntung rokok yang bertebaran di Kawasan Pantai Kuta, Jumat (14/2/2020) sore.

Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat, dr. Made Ady Wirawan, MPH.,PhD., sangat mendukung acara ini, di mana mahasiswa PSKM FK Unud berinisiatif untuk melakukan pengenalan pentingnya membebaskan pantai dari perilaku merokok dan prilaku membuang puntung sembarangan.

“Ini merupakan kontribusi kampus dan mahasiswa terhadap kesehatan lingkungan. Kebetulan juga hari ini bertepatan dengan hari valentine dengan aplikasi kecintaan pada alam semesta serta Sugihan Bali wujud pembersihan bhuwana agung,” ujarnya.

Dekan FK Unud yang diwakili dr. AA wiradewi., Sp.PK., menyatakan sangat mendukung kegiatan ini. Di mana HMKM PSKM melaksanakan kegiatan bersih pantai dengan tagline “Smoke Free Beach for Healthy Tourism” ini.

Dikatakannya, selain bersih-bersih puntung rokok, mahasiswa juga mengedukasi pengunjung secara langsung untuk saling menjaga kebersihan dan tidak merokok di pantai.

“Semoga acara ini juga bisa meningkatkan soft skill mahasiswa dan kepedulian mahasiswa terhadap masalah di masyarakat dan kesehatan lingkungan,” harapnya.

Puslit Udayana Central I Made Kerta Duana sangat mengapresiasi kegiatan ini. Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat menggugah Pemerintah, khususnya Bupati Badung dan Pengelola Kawasan Pantai Kuta agar menginisiasi kebijakan dan upaya pelarangan merokok di pantai seperti yang ada di negara maju lainnya.

“Hal ini sangat memungkinkan. Mengingat di Bali dan Kabupaten Badung telah memiliki Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang dapat di implementasikan di kawasan publik seperti di pantai. Penerapan KTR di pantai akan efektif mencegah paparan asap rokok pada orang atau pengunjung lainnya serta mencegah pencemaran pantai dan laut dari sampah puntung rokok,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Panitia AKA 2020 I Dewa Gede Agung Narendra Suputra menjelaskan, aksi bersih pantai dilakukan di sepanjang Pantai Kuta ini melibatkan lebih dari 300 peserta dari berbagai kampus kesehatan dan sekolah SMU dan SMP di wilayah Kuta. “Aksi dilakukan dari arah Pantai Legian berakhir di depan Hotell Inna Kuta,” ujarnya.

Selain mengumpulkan puntung rokok, kata dia, peserta juga mengumpulkan berbagai sampah plastik. “Peserta berhasil mengumpulkan sampah puntung rokok lebih dari 11. 545 puntung,” pungkasnya. 019

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.