Putu Wira Terjatuh Dari Tebing Saat Mencari Tanaman Bonsai

ist/tim basarnas saat mengevakuasi korban yang terjatuh dari atas tebing
113 Melihat
MANGUPURA, POSBALI.co.id – Tim Basarnas Bali, Selasa (7/4) siang mengevakuasi salah seorang warga yang terpeleset dari atas tebing setinggi 7 meter di wilayah Desa Adat Jimbaran. Identitas korban sendiri diketahui atas nama Putu Wira Subagia (43), ia tinggal di Jalan Imam Bonjol, Gang Air Ancur, Denpasar. Saat dievakuasi korban masih sadarkan diri, namun diduga mengalami cedera serius.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar ( Basarnas Bali), Gede Darmada, S.E., M.AP menerangkan, laporan kejadian tersebut diterima pihaknya pada pukul 12.15 Wita dari salah seorang warga setempat. Diperkirakan yang bersangkutan terperosok ke jurang sekitar pukul 11.00 Wita. “Setelah kami menerima laporannya, kami segera turun ke lapangan. Kami berangkatkan 5 personil dari Basarnas Bali untuk menuju lokasi,”ujarnya.

Setibanya di lokasi, tim basarnas kemudian langsung melakukan proses evakuasi. Saat itu korban diketahui masih dalam keadaan hidup dan sempat menceritakan kronologis ia terjatuh. Ia mengaku terjatuh ke dasar tebing saat berupaya mencari tanaman bonsai. Ia juga sempat menerangkan bahwa motor miliknya masih terparkir di Pura Tegeh Sari yang lokasinya 50 meter dari posisi korban terjatuh. “Korban saat itu hanya duduk dan tidak bisa berdiri. Jadi dengan hati-hati petugas memindahkan korban ke tandu dan dievakuasi menuju ambulance,”jelasnya sembari menerangkan penanganan untuk korban yang alami patah tulang atau cidera tulang belakang memerlukan teknik pemindahan khusus dengan gunakan tandu spinal, agar tidak memperparah bangian yang cidera.

Pihaknya sendiri belum bisa memastikan dari ketinggian berapa korban terjatuh, sebab tidak ada saksi mata maupun  keterangan dari korban sendiri. Korban hanha mengaku terjatuh dalam posisi duduk dan itu berbahaya jika alami cidera tulang belakang. “Proses evakuasi turut melibatkan personil dari Damkar, masyarakat setempat serta keluarga korban. Selanjutnya korban dibawa menuju RSUD Wangaya untuk mendapatkan penanganan medis,”pungkasnya. 023

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.