Putri Koster: Pasarkan Kerajinan Melalui Online

Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Putri Suastini Koster.
93 Melihat

MANGUPURA, posbali.co.id – Di masa pandemi Covid-19 yang masih melanda Bali, penguasaan teknologi informasi menjadi peran utama agar mempermudah cara perajin dalam memperkenalkan produk kerajinan dengan mencantumkan label, harga, kualitas bahan, dan keunggulan produk yang ditawarkan dengan produk orang lain. Hal tersebut disampaikan Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Putri Suastini Koster, dalam Talk Show Youth Festival 2020, “Solusi UMKM Milenial di Era Digital” di Atrium Sidewalk Jimbaran, Badung, Sabtu (17/10) malam.

“Kaum milenial adalah generasi yang kaya dengan ide dan kreatif, di samping mereka juga menguasai informasi dan teknologi digital secara baik. Dengan demikian, hasil kerajinan yang nantinya siap dipromosikan akan langsung diunggah dengan seni yang dapat menarik mata konsumennya,” kata Putri Koster.

Dia mengingatkan hasil produk atau kerajinan yang ditawarkan juga harus sesuai dengan selera pasar saat ini, sehingga produk kerajinan yang dipromosikan tidak mubazir, yang menyebabkan perajinnya merugi. “Perajin Bali tidak boleh lemah, tidak boleh putus asa, bahkan tidak boleh berkeinginan untuk menutup usahanya saat masa pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir,” imbuhnya.

Perajin Bali, lanjut dia, juga harus mampu menggunakan kesempatan seperti ini untuk mulai berkarya dalam menciptakan inovasi baru yang nantinya dapat memodifikasi model dan ciptaannya yang baru, yang dapat diterima dan tentunya bermanfaat bagi orang lain saat ini dan ke depannya.

“Apabila saat ini kita tidak bisa memasarkan hasil produksi ke luar negeri karena pengiriman yang terhambat, maka sebaiknya kita tetap melakukan pemasaran via online khusus bagi saudara-saudara kita yang ada di dalam negeri, termasuk saudara kita yang ada di Bali,” tandas Putri Koster. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.