Putri Koster Dukung Warung Kaget KPRK, Serahkan Sembako untuk Warga Bangli

KETUA Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Putri Koster saat mengunjungi Warung Kaget Ramah Keluarga yang digelar Koperasi Perempuan Ramah Keluarga (KPRK) Provinsi Bali. Foto: ist
439 Melihat

BANGLI, posbali.co.id – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Putri Suastini Koster menyatakan dukungan penuh dan mengapresiasi terhadap kegiatan-kegiatan  sosial yang sifatnya kemanusiaan, terutama di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini. Hal ini disampaikannya saat mengikuti kegiatan Warung Kaget Ramah Keluarga yang digelar Koperasi Perempuan Ramah Keluarga (KPRK) Provinsi Bali, di mana Putri Koster turun secara langsung ke lapangan untuk ikut terlibat dalam kegiatan, Minggu (24/5).

Pada kesempatan itu, Putri Koster memberikan bantuan beras dan sayuran kangkung, yang dipetiknya dari kebun.  Pemberian bantuan dilakukan di depan WW Bakery milik salah satu anggota KPRK, Banjar Pande, Bangli. Nampak warga penerima bantuan bersiap tertib dengan tetap memperhatikan pembatasan fisik. Wajah mereka terlihat semringah dan satu per satu mengambil berbagai bahan kebutuhan pokok (bahan pangan/sembako) bergizi seimbang yang disediakan KPRK Provinsi Bali. Di antaranya berisi mulai dari beras 5 kg, tempe tahu, gula, telur, sayur kangkung, sayur hijau, labu, kol, buncis, bumbu dapur, minyak garam dan lainnya.

‘’Ini sebuah ide yang cerdas dan kreatif, swadaya anggota KPRK turun ke masyarakat dengan Warung Kaget di tengah masa sulit seperti sekarang. Kalau pemerintah menyalurkan bantuan kan sudah berdasar aturan dan data, di luar itu akan sangat terbantu dengan kegiatan-kegiatan sosial serupa. Sungguh ide yang sangat luar biasa, ini cara yang sedikit berbeda tapi menarik banget dan asyik banget untuk dilakukan kepada masyarakat kita yang membutuhkan. Kalau warung biasanya kan harus bayar, nah ini ada kagetnya karena gratis untuk setiap barang yang diambil warga,’’ ujar Putri Koster.

Menurutnya, kegiatan ini sangat menyentuh, karena menyasar warga yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan yang paling primer, yaitu kebutuhan pangan. Walaupun tidak bisa dilaksanakan sepanjang waktu, setidaknya sentuhan kemanusiaan itu ada, bahwa masyarakat itu tidak sendiri melewati dampak penyebaran virus Corona, ada rasa kebersamaan serta saling peduli.

Diharapkan kegiatan ini bisa menginspirasi dan juga akan menular kepada kelompok-kelompok masyarakat lain untuk peduli dengan cara-cara yang kreatif.  Hal yang terpenting pada setiap kegiatan sosial pembagian sembako, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pokok bergizi seimbang bagi masyarakat. ‘’Saat ini masyarakat memerlukan kebutuhan pokok yang menyehatkan untuk menjaga imunitas tubuh, bukan makanan yang serba instan. Kalau seperti saat ini ada sayur-mayur yang masih segar, tentu akan sangat bagus dan memenuhi unsur gizi,” ujar pendamping Gubernur Bali, Wayan Koster ini.

Sementara itu, Ketua KPRK AAA Ngurah Tini Rusmini Gorda, mengaku senang kegiatan asosiasi yang dipimpinnya mendapat dukungan dari Putri Koster. ‘’lnilah bentuk sinergi yang ingin kami bangun dalam mendukung upaya pemerintah menangani dampak penyebaran virus Corona, yang tentu saja pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu butuh kerja sama kita bersama agar pandemi ini segera berakhir,’’ ucapnya.

Sedangkan, Made Wirathi anggota KPRK selaku tuan rumah kegiatan menambahkan, Warung Kaget ini merupakan tindak lanjut dari ide dan program Ketua KPRK Bali untuk bergerak membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19. ‘’Sebelumnya aksi ini sudah kami lakukan dengan penerima bantuan sekitar 50 orang. Untuk sekarang ini, bantuan juga diberikan pada 50 orang. Kami berencana tetap melakukan kegiatan serupa selama pandemi belum berakhir,’’ kata Wirathi. 019

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.