Pura Rengked Terancam Abrasi Pantai Saba

Warung terancam abrasi di Pantai Saba, Blahbatuh, Gianyar.
285 Melihat

GIANYAR, posbali.co.id – Abrasi di Pantai Saba, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar yang makin parah mengancam eksistensi warung serta Pura Rengked. Warung dan pura yang sebelumnya berada jauh dari bibir pantai, sekarang sudah dekat dengan laut.

Pemilik warung yang terdampak abrasi, Jero Mangku Rengked, ditemui Selasa (19/1/2021) menuturkan, awalnya tempatnya berjualan cukup jauh dari bibir pantai. “Awalnya tempat tyang (saya) berdagang jauh dari bibir pantai. Tapi karena abrasi, saat ini warung saya berada di bibir pantai,” keluhnya.

Tidak hanya warungnya saja yang terdampak abrasi. Pura Alas Rengked yang berada di wilayah tersebut juga turut tergerus air laut. Abrasi di Pantai Saba, kata dia, terjadi sejak lima hari lalu.

“Abrasi ini semakin parah sejak lima hari yang lalu. Ndak tahu malam nanti, ombaknya besar lagi atau tidak. Kalau besar, akan semakin parah lagi abrasinya,” imbuhnya dengan nada khawatir.

Dia berharap ada perhatian dari dinas atau instansi terkait agar abrasi tidak semakin parah. Misalnya dengan memasang tanggul atau cara lain agar abrasi tidak tambah parah.

Dia mengungkapkan, sepanjang pantai di wilayah Sukawati dan Keramas sudah dipasangi tanggul untuk mencegah abrasi. Sayang, di Pantai Saba belum ada pemasangan tanggul. “Kalau bisa saya harap agar dipasang tanggul seperti pantai di Sukawati sampai Keramas,” pintanya. 011

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.