Pura Luhur Muncaksari Tertimpa Ranting Pohon, Kerugian Rp250 Juta

TNI, Polri, BPBD, dan masyarakat melakukan pembersihan di lokasi kejadian ranting pohon menimpa bangunan Pura Luhur Muncaksari, Desa Sangketan, Kecamatan Penebel, Tabanan, Senin (5/10).
220 Melihat

TABANAN, posbali.co.id – Pohon kacu rantingnya patah menimpa sejumlah bangunan di jeroan Pura Luhur Muncaksari, di Banjar Dinas Anyar, Desa Sangketan, Kecamatan Penebel, Tabanan. Menurut saksi, Mangku Saren, peristiwa itu diketahui pada pagi hari sekitar pukul 08.00, Senin (5/10).

Penyebab ranting pohon tersebut patah diduga karena hujan deras yang terjadi pada malam sebelumnya. “Ranting kayu tersebut sudah dalam keadaan lapuk karena usia,” ujar Mangku Saren.

Kapolsek Penebel, AKP I Made Subadi, menerangkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, timbul kerugian material sekitar Rp250 juta, karena terjadi kerusakan akibat tertimpa ranting yang patah itu. “Antara lain kerusakan bangunan penyengker sekitar 10 meter dan palinggih bale atep ukuran 5×5 meter,” ujarnya.

Dari kejadian tersebut, ditindaklanjuti dengan pembersihan secara bersama-sama di lokasi tersebut. Hadir pula Danramil Penebel Kapten Inf. Putu Sumarnia, Kapolsek Penebel, petugas BPBD Tabanan, serta masyarakat pengempon pura tersebut.

Hujan deras yang mengguyur Tabanan dan sekitarnya juga mengakibatkan pohon tumbang di Banjar Dinas Penyalin, Desa Samsam, Kerambitan, Senin (5/10) sekitar pukul 07.15. Pohon jenis cepaka itu tumbang mengarah ke jalan utama Denpasar-Gilimanuk, dan juga menimpa kabel listrik.

“Nihil korban jiwa, dan sudah bisa diatasi sekitar satu jam oleh tim yang hadir di lokasi, yakni dari TRC BPBD Tabanan dan PLN,” ujar Kasi Kedaruratan BPBD Tabanan, Trisna Widiatmika.

Sementara itu, di Banjar Wangaya Bendul, Desa Wangaya Gede, Kecamatan Penebel, terjadi tanah longsor. Longsoran tanah tersebut menutupi badan jalan. “Penyebab diduga karena hujan deras yang mengguyur semalaman, dan kemudian kami terima laporan pada hari ini (kemarin) dari Perbekel
Wangaya Gede. Penanganan selanjutnya adalah evakuasi tanah longsor tersebut, sambil menunggu alat berat. Sementara nihil korban jiwa,” ujar Trisna. gap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.