Pura Dalem Tohjaya Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 1 Miliar

Petugas BPBD Kota Denpasar saat melakukan pemadaman kebakaran di Pura Dalem Tohjaya, Lumintang, Denpasar, Kamis (10/12/2020).
339 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Peristiwa kebakaran terjadi di Banjar Lumintang, Desa Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara pada Kamis (10/12/2020) siang. Tujuh palinggih (bangunan suci) di Pura Dalem Tohjaya yang berlokasi di Jalan A. Yani Gang V No. 2 Banjar Lumintang hangus dilalap si jago merah. Akibat kebakaran tersebut, pengempon pura mengalami kerugian sekitar Rp 1 miliar.

Berdasarkan informasi di lapangan, kejadian ini awalnya diketahui warga sekitarnya yang melihat kepulan asap dari atap palinggih berbahan ijuk. Angin yang berembus membuat api dengan cepat membesar hingga merembet ke enam palinggih beratap ijuk lainnya. Warga sempat berusaha memadamkan api, tetapi akhirnya kewalahan lantaran api sangat cepat melalap palinggih-palinggih itu.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Denpasar, Ida Bagus Joni Ariwibawa, saat dikonfirmasi, menerangkan kebakaran tujuh palinggih di Pura Dalem Tohjaya, Lumintang terjadi pada pukul 13:10 Wita. Kebakaran ini dilaporkan oleh warga bernama Wayan Wardana. Setelah mendapat laporan, Pusdalops BPBD Kota Denpasar berkoordinasi dengan Pos Induk BPBD Kota Denpasar dan mengarahkan Regu Pemadam Kebakaran BPBD Kota Denpasar dari semua pos merapat ke TKP.

“Yang terbakar yakni tujuh unit palinggih pura. Penyebabnya diperkirakan karena api dupa, dan kini masih diselidiki lebih lanjut. Kerugian ditaksir kurang lebih 1 miliar rupiah,” kata Joni Ariwibawa. Dia berpesan kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap berbagai bencana yang mungkin terjadi di akhir tahun ini, termasuk kebakaran. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.