Puluhan Penyelam Siap Menata Struktur Terumbu Karang di Lovina

Ratusan struktur terumbu karang yang akan ditata para penyelam di dasar laut Pantai Lovina, Desa Kaliasem, Buleleng.
670 Melihat

BULELENG, posbali.co.id – Struktur terumbu karang yang ada di dasar laut Pantai Lovina, Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar, Buleleng akan kembali ditata. Puluhan penyelam akan turun untuk menata struktur terumbu karang tersebut, dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) padat karya melalui restorasi terumbu karang.

Penataan dengan penenggelaman terumbu karang ini di dasar Pantai Lovina akan dilakukan 5 Desember 2020 nanti. Akan ada 20 orang penyelam berasal dari Desa Kaliasem dan Desa Kalibukbuk yang dikoordinatori oleh Gede Sudadma, akan berpartisipasi dalam program ini.

Gede Sudadma mengatakan, para penyelam yang dilibatkan ini sudah mengantongi sertifikasi selam. Ia mengatakan sengaja menggandeng para penyelam lokal dari kedua desa tersebut karena dinilai telah berpengalaman. “Penyelam ini sudah profesional dan sudah punya sertifikat,” ujarnya, Rabu (2/12/2020).

Awalnya, kata Sudadma, pihaknya berencana akan menurunkan 35 orang penyelam, tetapi 15 orang mengundurkan diri karena berbagai alasan. Oleh karena itu, hanya 20 orang penyelam yang akan turun melakukan penataan kontruksi sesuai batas waktu yang sudah ditentukan.

Saat ini progres pengerjaan struktur terumbu karang di Desa Kaliasem sudah mencapai 95 persen dan tinggal menunggu finishing. Sejumlah konstruksi untuk media tanam terumbu karang seperti roti buaya, fishdom, hingga pasak bumi, yang jumlahnya mencapai ratusan.

Sudadma berharap kegiatan ini berkelanjutan. Kata dia, peran serta masyarakat diperlukan untuk ikut menjaga kelangsungan hidup terumbu karang di kawasan Pantai Lovina yang selama ini belum tertata dengan maksimal. Jika program ini berhasil, maka akan ada imbas terhadap kemajuan pariwisata Lovina.

“Harapan ke depan, Pantai Lovina ini tetap dijaga secara berkelanjutan. Jika sudah berjalan lancar tentu terumbu karang akan tumbuh dan ikan-ikan akan berdatangan. Ini akan mempercantik taman laut yang ada di Lovina,” pungkas Sudadma. rik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.