Proyek RTH Taman Bung Karno Dilanjutkan, Pemkab Buleleng Alokasikan Rp16 Miliar

RTH Taman Bung Karno yang ada di wilayah Kecamatan Sukasada, Buleleng.
89 Melihat

BULELENG, posbali.co.id – Sempat tertunda di tahun 2020 akibat pandemi Covid-19, pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno yang ada di wilayah Kecamatan Sukasada, Buleleng, di tahun 2021 segera dilanjutkan. Dana untuk pengerjaan RTH Taman Bung Karno tahap IV yang belum selesai 100 persen pada badan patung Bung Karno dan sebagian pembangunan Open Stage Singa dan pemandangan seputaran taman itu termasuk pembangunan lainnya, mencapai Rp16 miliar yang bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Bali.

Kepala Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng, Putu Ariadi Pribadi, mengatakan, kelanjutan proyek pembangunan RTH Taman Bung Karno tahap IV dipastikan akan segera dimulai. Bahkan, jasa konsultasi pengawasan sudah dilelang di bagian Badan Layanan Pengadaan (BLP). “Kajian teknis fisik sedang di-review. Harapannya, bulan Februari ini bisa dilelang,” kata Ariadi, Selasa (16/2/2021).

Dia menjelaskan, dana yang disiapkan sebesar Rp16 miliar itu terbagi dalam beberapa kegiatan. Rinciannya, untuk membiayai jasa konsultasi pengawasan sebesar Rp611 juta. Untuk pembangunan fisik dan patung mencapai Rp15 miliar lebih. Sisanya sebesar Rp250 juta untuk mendanai operasional.

Menurut Ariadi Pribadi, pengerjaan RTH ini dilakukan dalam satu paket. Untuk pengerjaan patung Bung Karno nanti masuk dalam sub kontrak pemenang lelang. “Pasti nanti akan dikerjakan sampai dengan tuntas pengerjaan patungnya,” katanya.

Target mulai pengerjaan akan dilelang pada Februari. Jika tak ada hambatan, pada awal April mendatang sudah terdapat nama rekanan keluar sebagai pemenang tender. “Nanti dikerjakan selama 8 bulan, target tuntas akhir November tahun 2021 atau awal Desember sudah bisa serah terima,” pungkas Ariadi Pribadi.

Pembangunan RTH Bung Karno dari tahap I sampai tahap III sudah dikerjakan oleh Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan (Perkimta) Buleleng. Proyek dengan paket pengerjan berupa pemasangan patung Bung Karno berbahan dasar perunggu, pembuatan taman, dan ruang pentas (open stage) awalnya ditarget tuntas tahun 2020. Karena situasi pandemi Covid-19 dan semua anggaran yang ada terkena refocusing, Dinas Perkimta tidak bisa melanjutkan pengerjaan proyek. Kini kelanjutan pengerjaan proyek RTH Taman Bung Karno dilanjutkan oleh DLH Buleleng. 018

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.