Prajaniti Lobar di Lantik, Bupati Tekankan Kemandirian dan Kerjasama Eksternal

418 Melihat
Pelantikan DPC Prajaniti Hindu Indonesia Kabupaten Lobar

LOBAR, POS BALI – Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Prajaniti Hindu Indonesia Kabupaten Lobar resmi dilantik oleh Ketua DPD Prajaniti Indonesia NTB I Made Merta Artha SH.MH. Pelantikan tersebut juga disaksikan Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, Ketua DPRD Lobar, Ketua PHDI NTB Ida Made Santi Adnya dan pihak lainnya.

Untuk kepengurusan DPC Prajaniti Lobar itu sendiri di ketuai oleh I Made Diarta asal Babakan Gerung yang selama ini juga aktif dalam berbagai organisasi seperti FKUB Lobar. Untuk jajarannya sendiri diisi oleh perwakilan umat Hindu yang berasal dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Lobar.

Dalam pelantikan itu, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid menegaskan bahwa Prajaniti memiliki arti pengorbanan atau perjuangan kepada rakyat. Terkait itu, dia berharap agar Prajaniti benar-benar hadir untuk masyarakat. “Untuk itu setiap program yang dibuat butuh gerakan. Masyarakat tidak butuh program yang hanya tulisan,” katanya.

Menurut Fauzan, organisasi seperti Prajaniti tersebut diharapkan juga bisa berkontribusi penting bagi daerah. Untuk itu koordinasi dan kerjasama tidak hanya dilakukan diinternal umat Hindu, tetapi juga bisa dilakukan dieksternal. “Jangan batasi diri, tapi bangun kerjasama dengan yang lain. Dalam hal ini Prajaniti diharapkan memiliki peran, baik di daerah maupun nasional,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD Prajaniti Indonesia NTB, I Made Merta Artha memaparkan terkait lahirnya organisasi kemasyarakatan Hindu tersebut yakni 19 Juni 1968. Sejak lahir, Prajaniti mengalami pasang surut, untuk itu periode kali ini agenda dari Prajaniti adalah melakukan revitalisasi organisasi dengan membentuk DPD diseluruh Propinsi dan DPC diseluruh Kabupaten Kota di Indonesia. Ke depan kami juga akan membentuk Komisariat diseluruh Kecamatan yang ada,” jelasnya.

Dia melanjutkan bahwa saat ini Prajaniti sedang membangun Brand dengan harapan bisa bersinergi dengan Pemda dalam hal pembangunan. “Selain itu, Prajaniti juga Sebagai mitra kerja Parisada (PHDI). Tapi tidak sejajar  dengan Parisada, karena Parisada merupakan organisasi tertinggi umat Hindu,” tutupnya.

Ditempat sama, Ketua PHDI NTB Ida Made Santi Adnya berharap keberadaan Prajaniti tersebut bisa dirasakan oleh umat. “Laksanakan fungsi dan tanggung jawab. Terpenting adalah Perlunya sinergitas sesuai tujuan kita yakni Moksartam Jagat Hita Ya Ca Itu Dharma,” singkatnya.

Selain Bupati dan Ketua DPRD Lobar, hadir juga beberapa ormas lain seperti Pengurus NU Lobar serta organisasi keumatan lain seperti Walubi Lobar. 033

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.