PKM Dosen STIKI Indonesia: Beri Pelatihan UMKM Natural Bali Kulkul Pasarkan Garam secara Online

Dosen STIKI Indonesia saat kegiatan KKM di Natural Bali Kulkul
237 Melihat

DENPASAR, POS BALI – Garam merupakan salah satu komoditas strategis yang dimiliki Indonesia. Selain sebagai kebutuhan pokok masyarakat, garam juga sebagai kebutuhan industri di Indonesia.

Garam tidak hanya untuk dikonsumsi langsung di rumah tangga sebagai salah satu kebutuhan pokok, namun juga diproduksi untuk memenuhi kebutuhan industri.

Salah satu UKM yang mengelola hasil produksi garam dari petani adalah Natural Bali Kulkul, yang berlokasi di Dusun Kangin, Desa Jumpai, Kecamatan Klungkung.

Natural Bali Kulkul merangkul petani garam setempat untuk mengolah garam laut menjadi garam yang natural, yang diproses di rumah kaca untuk pengeringan sehingga mengurangi ketakutan petani karena hujan tidak bisa memproduksi garam laut.

Garam yang diolah oleh Natural Bali Kulkul

Garam yang dihasilkan juga lebih higienis karena tidak terkontaminasi dengan debu dan juga binatang liar. Garam dibuat secara alami tanpa proses mesin, full mineral, higienis karena di proses di rumah kaca.

Natural Bali Kulkul ini menjadi mitra kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) STIMIK STIKOM (STIKI) Indonesia

Pada kegiatan PKM ini dosen STIKI Indonesia I Gede Totok Suryawan, S.Kom., M.T. dan I Putu Agus Eka Darma Udayana, S.Kom., M.T. memberikan pelatihan pengelolaan produk di website, yang dilaksanakan pada Senin (5/7/2021).

Sebelum pelatihan ini dilaksanakan, pada program PKM ini telah dibuat website e-commerce dan desain kemasan produk yang akan digunakan oleh Natural Bali Kulkul.

Materi pelatihan yang diberikan mulai dari menambahkan, mengubah dan menghapus katalog produk di website seperti gambar, deskripsi produk, status ketersedian produk hingga membalas review produk dari customer.

“Materi kedua yang diberikan adalah manajemen order mulai dari mengubah status pemesanan hingga pembayaran dari customer,” jelas Totok.

Selain materi tersebut juga diberikan materi tambahan tentang list building untuk melakukan customer relationship management, serta optimalisasi instagram untuk memaksimalkan pemasaran produk.

Sebelum pelatihan dilaksanakan telah dilakukan pengambilan foto dan video produk serta proses produksi garam dari petani, pengeringan di rumah kaca, hingga proses produksi dan pengemasan di ruang produksi.

Manager Natural Bali Kulkul Ni Putu Ayu Wilasmini menyambut baik dan sangat antusias mengikuti kegiatan PKM ini, mulai dari mengantarkan dosen STIKI Indonesia ke petani garam, menjelaskan proses pengeringan di rumah kaca, proses produksi di ruang produksi, hingga mengajak timnya untuk mengikuti pelatihan di kantornya.

Ia berharap STIKI Indonesia terus mau memberikan pelatihan-pelatihan sejenis untuk membantu meningkatkan kapasitas Natural Bali Kulkul.

“Terima Kasih STIKI Indonesia semoga kegiatan seperti ini bisa dilakukan lagi. Silahkan pasang plang di depan sebagai UKM Binaan STIKI Indonesia” kata Ayu Wilasmini. 010

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.