PKK Banjar Legian Kaja Bagikan 260 Paket Sembako dan Bibit Tanaman Pangan

Foto: PKK PKK Banjar Legian Kaja membagikan 260 paket sembako dan bibit tanaman kepada seluruh anggotanya, Sabtu (29/8). Foto: gay
108 Melihat

MANGUPURA, posbali.co.id – Semangat peduli dan tetap produktif di masa pandemi Covid-19 ditunjukan PKK Banjar Legian Kaja. Pada Sabtu (29/8), mereka membagikan 260 paket sembako dan bibit tanaman kepada seluruh anggotanya.

Selain berkaitan dengan hari raya Galungan dan Kuningan yang sudah dekat, hal tersebut juga terkait program Hatinya PKK (Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman) dalam mewujudkan ketahanan pangan di lingkungan keluarga.

Adapun paket sembako tersebut terdiri dari 10 kg beras, 1 krat telur ayam, 1 liter minyak goreng, 210 ml sabun cair (donasi Bank Sampah PKK Mangu Sri Kandi banjar Legian Kaja). Sementara bibit tanaman terdiri dari benih kangkung, sayur ijo dan bibit terong, cabai, tomat, bunga mitir dan pupuk dolomit.

Ketua PKK lingkungan Banjar Legian Kaja, Ni Wayan Margiani, menerangkan, yang menjadi dasar kegiatan tersebut adalah hasil rapat kesepakatan pengurus PKK Banjar Legian Kaja dan ketua Dasa Wisma, berkaca dari kondisi pandemi Covid-19. Dimana kegiatan rutin PKK yang terbatas akibat pandemi Covid-19, membuat dana yang dicadangkan untuk kegiatan rutin PKK Legian Kaja itu diarahkan untuk hal yang lebih bermanfaat. Yaitu pembagian sembako dan paket tanaman pangan bagi PKK Banjar Legian Kaja.

‘’Jadi ini kami arahkan untuk kegiatan yang tepat sasaran dan bermanfaat. Ini juga sesuai dengan arahan pemerintah, terkait kesiapan ketahanan pangan di masa pandemi,’’ terangnya istri Kepala Lingkungan Banjar Legian Kaja ini.

Kegiatan yang mengambil tema ‘’PKK Peduli, PKK Berbagi, dan dari PKK untuk PKK” ini total menyalurkan dana senilai Rp46.533.000. ‘’Sebenarnya warga kami sudah mulai menanam sebelum pandemi, sebab itu terkait dengan program Hatinya PKK yaitu memanfaatkan lahan pekarangannya sebagai media tanam. Minimal dia mempunyai tanaman cabai, dapur hidup dan toga. Tapi kini kita lebih optimalkan terkait ketahanan pangan,’’ paparnya.

Sementara Kepala Lingkungan Banjar Legian Kaja, Wayan Riasa, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan itu, karena sejalan dengan program Hatinya PKK dan program pemerintah terkait ketahanan pangan rumah tangga. Untuk menunjang hal itu, pihaknya juga sudah membagikan 300 sak pupuk organik yang dimohonkan kepada DLHK Badung. Hal itu demi mendukung program Hatinya PKK Legian Kaja, khususnya urban farming.

Hal senada juga diungkapkan Kelian Banjar Legian Kaja, Made Sada ‘Dego’. Ia menilai kegiatan itu merupakan suatu kegiatan yang positif, dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Terlebih bantuan tersebut ada kaitannya dalam rangka menyambut hari raya Galungan dan Kuningan. ‘’Ini sangat kami apresiasi langkah PKK kita di Legian Kaja, apalagi ini ada kaitanya dengan program Hatinya PKK,’’ ujarnya. 023

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.