PKB Ke-41, Asa Disabilitas

265 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id- Gelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 hadir menumbuhkan asa kalangan disabilitas. Selain tampil di pagelaran seni, kalangan disabilitas juga difasilitasi stand khusus jasa pijat, serta stand kerajinan bagi kalangan sekolah luar biasa (SLB) yang ada di seluruh Bali. 

Wayan Suardana, penyandang tunanetra yang juga merupakan bagian SDM Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Bali menjadi salah satu peserta PKB ke-41 yang berbagia lantaran kalangannya diberikan tempat khusus jasa pijat.

“Kami dari masyarakat disabilitas sangat antusias dengan kebijakan gubernur melalui Dinas Sosial Provinsi Bali. Kami ucapkan terimasakih, kami sudah diberi ruang,” ucapnya.

Layanan pijat tunanetra ini diikuti oleh anggotanya dari seluruh kabupaten/kota, dengan masing-masingdiwakili tiga orang anggota.

“Ada 18 pasien sampai 15 pasien yang kami terima. Kami pasang harga jasa full body Rp80 ribu untuk satu jam dan Rp40 ribu untuk pijat refleksi selama 30 menit,” katanya.

Hal senada dinyatakan guru SLB Klungkung, Putu Eka Darmayanti. Di PKB tahun ini, pihaknya bersama SLB-SLB lainnya di Bali diberikan stand khusus. Ia mengaku siswanya sangat senang, sebab dapat dilihat banyak orang.

“Dengan kebijakan ini, mereka tak lagi merasa tersisih. Saya harap ke depan bisa dianjutkan kebijakan ini, sebab sejatinya siswa berkebutuhan khusus itu hanya perlu dukungan untuk bisa percaya diri, bukan dikucilkan,” katanya yang memamerkan sejumlah karya seni dan kerajinan buatan siswa, termasuk demo dari para siswa di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya.

Antropolog dan penulis buku “Mencari Bali yang Berubah”, I Ngurah Suryawan, menanggapi dan mengapresiasi positif kebijakan tersebut. “Ini kebijakan keren, saya sangat mengapresiasinya. Saya pikir harus ditingkatkan dengan mengelaborasi bakat mereka untuk tampil dan mengekspresikan diri. Mungkin bukan hanya di PKB, tapi di seluruh sektor pelayanan publik. Rekognisi (pengakuan) terhadap kaum difabel ini mutlak,” tandasnya. eri

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.