Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Beri Diskon 50 Persen bagi Sambungan Baru

Ni Putu Sri Utami
35 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar (PDAM Kota Denpasar) saat ini memiliki 89 ribu pelanggan. Ditargetkan hingga tahun 2024 mendatang jumlah pelanggannya mencapai 100 ribu pelanggan.

Direktur Administrasi dan Keuangan Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar, Ni Putu Sri Utami, Selasa (16/6), mengatakan, untuk mencapai target tersebut, Perumda terus meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan kepada masyarakat Kota Denpasar. Salah satu upaya itu, Perumda Tirta Sewakadarma menggelar gebyar diskon bagi masyarakat yang ingin menjadi pelanggan.

Biaya yang dikenakan untuk sambungan baru saat ini sebesar Rp1,7 juta. Namun dalam program ini, calon pelanggan cukup membayar 50 persen saja atau sekitar Rp850 ribu. Bahkan, biaya tersebut bisa dicicil sampai 10 kali. “Gebyar diskon ini berlaku mulai 1 Juli sampai dengan November mendatang,” ujar Ni Putu Sri Utami.

Lebih lanjut disampaikan, selama pandemi Covid-19 sejak tiga bulan lalu, pemakaian air bersih pada golongan pelanggan rumah tangga di Kota Denpasar meningkat. Sebelum pandemi, pemakaian air rumah tangga rata-rata 22 meter per pelanggan per bulan, sekarang naik menjadi 25 – 27 meter kubik per bulan. Sementara pemakaian air untuk golongan niaga atau usaha mengalami penurunan.

“Situasi saat ini perekonomian ada penurunan, kategori pelanggan niaga industri, hotel, laundry, dan sebagainya, itu mengalami penurunan pemakaian air. Sedangkan peningkatan terjadi pada pelanggan rumah tangga,” jelas Sri Utami.

Sri Utami mengungkapkan, untuk mengoptimalkan penyediaan air bersih bagi warga Kota Denpasar secara berkelanjutan, Perumda Tirta Sewakadarma merancang tiga reservoir (tempat penyimpanan air). Ketiganya berlokasi di Pulau Serangan, Jalan Gunung Resimuka, dan Jalan Gunung Agung. “Di Serangan sudah selesai dibangun, siap dioperasikan. Di Resimuka dalam proses tender, dan Gunung Agung masih mencari lahan,” katanya.

Sebagai wujud kepedulian di tengah pandemi, sesuai dengan kebijakan Wali Kota Denpasar, Perumda menggratiskan tagihan air minum untuk tiga bulan mulai bulan Mei, Juni, hingga Juli. Kebijakan ini diambil untuk membantu meringankan beban bagi masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Pembebasan biaya ini dilaksanakan khusus untuk pelanggan yang merupakan Golongan Sosial dan Daya Listrik 450 VA. “Golongan sosial itu seperti yayasan, tempat ibadah, keran umum, serta sekolah negeri. Ada sekitar 4.000 pelanggan menikmati kebijakan ini,” ujarnya.

Selain itu, Perumda Tirta Sewakadarma bergerak membagikan bantuan sembako kepada nelayan di wilayah Sanur dan Serangan serta para pemangku di pura-pura kahyangan jagat. Tidak hanya bantuan sembako, dilakukan pula penyaluran bantuan alat pelindung diri (APD) seperti masker, pelindung wajah, dan sarung tangan kepada masyarakat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.