Pertahanan Terbaik, Pakai Masker, Kata Kuncinya Disiplin

ILUSTRASI
ILUSTRASI
314 Melihat

DENPASAR, POS BALI — Tanpa terasa hampir setahun sudah pandemi Covid-19 melanda tanah air. Virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 ini telah merubah tatanan kehidupan manusia dalam berbagai aspek.

Kehadiran virus ini telah merenggut ratusan ribu nyawa manusia. Melumpuhkan jutaan pekerja di berbagai sektor akibat dirumahkan maupun yang di putus hubungan kerja (PHK). Semua di titik nadir. Ya memang tragis. Namun suka tidak suka semua ini mesti dijalani walau tengah berada dalam situasi pandemi yang entah sampai kapan belum diperkirakan akan berakhir.

Agar kita tetap bekerja dan beraktivitas dengan baik dan terhindar dari serangan virus ini, sudah banyak imbauan dan pesan yang telah muncul entah di media sosial, media massa dari berbagai kalangan dan komunitas. Termasuk pesan dari pemerintah melalui semua instansi. Walaupun vaksin yang saat ini sudah ada di Indonesia, pertahanan yang terbaik adalah : Pakai Masker dan kata kuncinya disiplin menjalan protokol kesehatan.

Itu adalah kunci utama mencegah penularan virus SARS-CoV-2. Bila diterapkan dengan baik maka maka penularan dapat dicegah dan angka kasus dapat diturunkan. Kalau kita sungguh-sungguh ingin mengurangi kasus ya kuncinya cuma satu. Disiplin. Tidak ada yang lain. Disiplin patuh kepada protokol kesehatan.

Protokol kesehatan 3M menjadi penting, sebab cara penularan virus ini adalah melalui aeorosol yang kemudian masuk melalui hidung dan mulut manusia. Apabila tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak, maka berpotensi tertular dan menulari orang lain. Cara menularnya lewat aerosol. Artinya ketika orang tidak menggunakan masker tidak menjaga jarak maka proses transmisinya akan cepat berpindah .

Seseorang yang sudah disiplin pun tidak menjamin kemudian tidak terpapar apabila yang bersangkutan tetap membiarkan orang-orang di sekitarnya abai terhadap protokol kesehatan.

Sehingga, kunci memutus penularan corona adalah dengan disiplin protokol kesehatan yang dilakukan secara bersama-sama. Seorang yang disiplin tidak menjamin dia tidak terpapar kalau tidak bisa mengajak orang di sekitar ikut disiplin. Kita tak bisa sendirian mesti bersama-sama. Tantangannya ke depan, bagaimana kita secara kolektif bisa mengajak seluruh orang yang ada di sekitar kita patuh kepada protokol kesehatan

Mengutip arahan arahan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu di televisi nasional, walau vaksin sudah ada, namun protokol kesehatan 3M adalah hal mutlak yang tetap harus dilakukan. Sebab, vaksin bukan jaminan seseorang dapat terbebas dari COVID-19. “Tidak ada jaminan setelah vaksin diberikan pun kita akan terbebas kalau kita tidak disiplin,”tegas Presiden Jokowi Agustinus Apollonaris Daton

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.